Wednesday, July 10, 2019

Contoh Soal Sejarah Masa Hindu-Budha dan Jawaban

Contoh Soal Sejarah Masa Hindu-Budha dan Jawaban

Contoh Soal Sejarah Masa Hindu-Budha - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada kalian sedikit latihan soal sejarah Bab Periode sejarah. Sebelum mengerjakan soal yang kami berikan akan lebih baik kalian baca terlebih dahulu materi sejarah masa hindu-budha di indonesia, ikuti tatutan ini untuk membaca materi.

Dalam latihan soal kali ini saya juga menberikan jawaban serta pembahasan, agar para pembaca dapat memahami soal serta mengerti alasan ataupun jawaban yang tepat. Dengan adanya latihan soal sejarah masa hindu budha beserta dengan jawaban para pembaca dapat memahami materi yang telah diajarkan di sekolah.

Soal Sejarah Masa Hindu-Budha

Soal Sejarah Masa Hindu-Budha dan Jawaban
Soal Sejarah Masa Hindu-Budha dan Jawaban

Oke langsung saja kita menuju soalnya. Terdapat 6 soal pilihan ganda dan 2 uraian, beserta jawaban dan pembahasan yang kami taruh di bagian paling bawah. Selamat mengerjakan !! jangan lupa happy.

Soal Sejarah Pilihan Ganda

1. Menurut N.J. Krom, agama Hindu-Buddha masuk ke Indonesia melalui kaum pedagang India. Pedagang India tersebut menyebarkan agama Hindu-Buddha dengan cara.....
A. mendirikan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha
B. menaklukkan daerah-daerah baru di Indonesia
C. menetap dan menikah dengan penduduk lokal
D. menghadiahkan kitab Weda kepada para
E. menyebarkan dan mengajarkan isi kitab Weda

Baca Juga : Sejarah Indonesia di Masa Hindu-Budha

2. Salah satu proses masuknya agama Hindu Buddha di Indonesia dibawa oleh para pedagang India melalui Jalur Sutra selatan. Dalam perjalanannya menuju Indonesia, para pedagang tersebut melalui wilayah ...
A. India Utara, Bangladesh, Myanmar,Thailand, Semenanjung Malaya, Indonesia
B. India Utara, Tibet, Myanmar, Kamboja, Semenanjung Malaya, Indonesia
C. India Selatan, Tibet, Cina, Myanmar, Thailand, Indonesia
D. India Selatan, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Singapura, Indonesia
E. India Selatan, Myanmar, Thailand,Kamboja, Semenanjung Malaya, Indonesia

3. Salah satu mata pencaharian masyarakat Kutai adalah beternak. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan.....
A. penemuan arca lembu di sekitar lokasi penemuan prasasti Yupa
B. penggunaan sapi dan kerbau sebagai alat transportasi Raja Mulawarman
C. pemberian hadiah 20.000 ekor lembu dari para brahmana untuk rakyat Kutai
D. persembahan 20.000 ekor lembu dari Raja Mulawarman untuk para brahmana
E. penemuan fosil-fosil lembu yang diperkirakan hidup pada masa Kerajaan Kutai.

4. Pemberontakan Ra Kuti dan Ra Semidi Kerajaan Majapahit pada tahun 1318 dan 1319 berhasil ditumpas Gajah Mada. Atas jasanya tersebut Kerajaan Majapahit memberikan penghargaan kepada Gajah Mada berupa...
A. pemberian gelar paduka bathara (bre)
B. pengangkatan sebagai patih di Kahuripan
C. pengangkatan Gajah Mada sebagal Mahapatih Majapahit
D. pemberian setengah dari tanah milik Majapahit
E. penobatan sebagai raja menggantikan Hayam Wuruk

5. Letak Kepulauan Indonesia di jalur sutra laut memberikan keuntungan secara ekonomis karena....
S. pedagang Indonesia mengenal teknik pembuatan candi
B. pedagang Inconesia mengenal kompas dari pedagang Cina
C. para pedagang Cina mengenalkan cara pembuatan keramik
D. sebagian besar pedagang asing singgah di pelabuhan Indonesia
E. banyak pedagang asing tertarik menetap di wilayah Indonesia

6. Pada masa Hindu-Buddha pertunjukan wayang masih terbatas pada cerita Ramayana dan Mahabharata. Pada masa kini pertunjukan wayang mengalami kemajuan berupa....
A. penyajian wayang menggunakan gamelan dan pencahayaan
B. pergelaran wayang dilakukan di ruang terbuka
C. kedudukan dalang dalam pertunjukan wayang digantikan oleh sutradara
D. pertunjukan wayang mengambil cerita-cerita dari negara-negara Barat
E. penonton wayang pada masa kini didominasi kalangan elite

Soal Sejarah Uraian

1. Mengapa Mpu Sindok memindahkan pusat pemerintahan Mataram Kuno dari Jawa Tengah ke Jawa Timur?

2. Dalam prasasti Tugu terdapat informasi mengenai kondisi perekonomian masyarakat Tarumanegara. Interpretasikan isi prasasti Tugu tersebut secara singkat!

Pembahasan Soal Sejarah Masa Hindu-Budha

Nah berikut merupakan jawaban beserta pembahasan soal soal diata. Jika sebelumnya kalian belum mencoba soal diatas, saya sarankan mencoba terlebih dahulu. Ukur daya tangkap materi kalian sebelum kalian melihat pembahasannya. Selamat mecocokkan!!

Baca Juga : Sejarah Indonesia di Masa Hindu-Budha

Pembahasan Soal Pilihan Ganda


1. Jawaban: C
N.J. Krom merupakan tokoh pencetus teori Waisya. Menurut N.J. Krom, agama Hindu-Buddha masuk ke Indonesia dibawa kaum pedagang dari India. Para pedagang India tersebut kemudian menetap di Indonesia dan menikah dengan penduduk lokal.

Pilihan A dan B tidak tepat karena mendirikan kerajaan dan menaklukkan daerah-daerah baru biasa dilakukan kaum kesatria.

Pilihan D dan E tidak tepat karena menghadiahkan kitab Weda kepada raja dan mengajarkan isi kitab Weda hanya dapat dilakukan oleh kaum brahmana.

2. Jawaban: C
Penyebaran pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia tidak terlepas dari kegiatan perdagangan di Jalur Sutra. Rute Jalur Sutra terbagi menjadi dua yaitu Jalur Sutra utara yang membentang dari India ke Tibet terus ke utara sampai Cina. Adapun rute Jalur Sutra selatan membentang dari India Utara menuju Bangladesh, Myanmar, Thailand, Semenanjung Malaya, kemudian Indonesia.

3. Jawaban: D
Berdasarkan keterangan dalam prasasti Yupa, persembahan 20.000 ekor lembu oleh Raja Mulawarman kepada para brahmana menunjukkan adanya kegiatan peternakan yang dikembangkan oleh masyarakat Kutai.

Pilihan A tidak tepat karena tidak pernah ditemukan arca lembu di sekitar prasasti Yupa.

Pilihan B tidak tepat karena penggunaan sapi dan kerbau sebagai alat transportasi raja tidak membuktikan bahwa masyarakat memiliki mata pencaharian sebagai peternak.

Pilihan C tidak tepat karena tidak adanya bukti sejarah tentang pemberian hadiah 20.000 ekor lembu dari brahmana kepada rakyat Kutai.

Adapun pilihan E tidak tepat karena hingga saat ini belum ditemukan fosil lembu dari masa Kerajaan Kutai.

4. Jawaban: B
Pada masa pemerintahan Raja Jayanegara, tepatnya tahun 1318 dan 1319 terjadi pemberontakan Ra Kuti dan Ra Semi. Pemberontakan dapat ditumpas oleh Gajah Mada. Atas jasanya tersebut, Gajah Mada diangkat menjadi patih di Kahuripan (1319-1321) kemudian di Daha (1322-1330).

Pilihan A tidak tepat karena gelar paduka bhatara diberikan kepada kerabat dekat raja.

Pilihan C tidak tepat, Gajah Mada diangkat sebagai Mahapatih Majapahit pada masa pemerintahan Tribuwanatunggadewi bukan pada masa pemerintahan Jayanegara.

Pilihan D tidak tepat karena belum ada bukti sejarah yang menjelaskan Gajah Mada permah mendapat setengah dari tanah milik Majapahit.

Pilihan E tidak tepat karena Gajah Mada tidak pernah menjadi raja.

5. Jawaban: D
Kepulauan Indonesia terletakdi antara jalur sutra laut yang menghubungkan India dan Cina. Oleh karena itu, banyak pedagang Cina dan India singgah di pelabuhan Indonesia. Kondisi tersebut memberikan keuntungan ekonomis bagi pedagang Indonesia berupa meningkatnya penjualan rempah-rempah.

Pilihan A dan C tidak tepat karena termasuk keuntungan dalam bidang teknologi.

Pilihan B tidak tepat karena Atermasuk keuntungan dalam bidang ilmu pengetahuan.

Pilihan E tidak tepat karena merupakan keuntungan dalam bidang sosial.

6. Jawaban: A
Pada masa kerajaan Hindu-Buddha pertunjukan wayang mengambil cerita-cerita Ramayana dan Mahabharata dari India. Selain itu, pertunjukan wayang kanya dilakukan di ruang terbuka.

Sementara itu, pada masa kini wayang terbagi dalam beberapa jenis seperti wayang orang, wayang kulit, dan wayang potehi. Penyajian pertunjukan wayang pada masa kini menggunakan beberapa instrumen tambahan seperti gamelan dan pencahayaan.

Baca Juga : Sejarah Indonesia di Masa Hindu-Budha

Pembahasan Soal Uraian

1. Mpu Sindok memindahkan pusat pemerintahan Malaram dari Jawa Tengah ke Jawa Timur karena pusat kerajaan mengalami kehancuran akibat letusan Gunung Merapi. Oleh karena itu, wilayah Jawa Tengah dianggap sudah tidak aman lagi bagi keberadaan Kerajaan Mataram Kuno. Selain itu, pemindahan pusat permerintahan Mataram Kuno bertujuan menghindari serangan dari Sriwijaya.

2. Prasasti Tugu menyebutkan bahwa Raja Pumawarman pernah memerintahkan rakyatnya untuk membuat saluran Gomati sepanjang 6.112 tombak (12 km). Pembangunan saluran Gomati mempunyai arti ekonomis bagi rakyat Tarumanegara karena berguna sebagai pen cegah banjir, sarana lalu lintas pelayaran antardaerah, dan sarana irigasi pertanian.

Itu saja yang dapat saya berikan mengenai latihan soal sejarah masa hindu budha beserta jawabannya. Semoga dengan adanya latihan soal ini kalian dapat memahami materi seputar peridoe hindu-budha di indonesia. Semoga Bermanfaat dan sukses selalu.
Contoh Soal Sejarah Masa Hindu-Budha dan Jawaban
4/ 5
Oleh


EmoticonEmoticon