Sunday, May 19, 2019

Materi Bioteknologi (Rangkuman SBMPTN)

Materi Bioteknologi (Rangkuman SBMPTN)

Materi Bioteknologi (Rangkuman SBMPTN)
Sunday, May 19, 2019
Rangkuman Materi Bioteknologi

A. Pengertian Bioteknologi

Bioteknologi berasal dari kata bio (hidup), teknos (teknologil, dan logos (ilmu) yang secara harafiah berarti ilmu yang menerapkan prinsip-prinsip biologi. Bioteknologi merupakan teknologi yang memanfaatkan organisme atau bagian-bagiannya untuk mendaparkan barang dan jasa dalam skala industri untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Materi Bioteknologi (Rangkuman SBMPTN)

B. Macam-Macam Bioteknologi

Bioteknologi dibedakan menjadi bioteknologi konversional dan bioteknologi modern.
1. Bioteknologi Konvensional
Bioteknologi konvensional disebut juga bioteknologi sederhana. Bioteknologi kenvensional merupakan bioteknologi yang mengandalkan jasa mikroba untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan manusia melalui proses fermentasi. Dalam bioteknologi ini, manusia tidak mengubah atau memanipulasi sifat organisme yang digunakan.

2. Bioteknologi Modern
Bioteknologi modern merupakan bioteknologi yang didasarkan pada manipulasi DNA (rekayasa genetika) dengan memodifikasi gen-gen spesifik untuk menghasilkan organisme transgenik. Organisme transgenik ini memiliki sifat-sifat unggul sesuai yang diinginkan. Prinsip dasar rekayasa genetika sebagai berikut.
a. DNA Rekombinan
Teknik DNA rekombinan di lakukan dengan mengubah susunan pada DNA schingga dapat di-peroleh susunan DNA baru yg bisa mengekspresikan sifat baru sesuai keinginan.

b. Fusi Protoplasma (Hibridoma)
Fusi protoplasma di-lakukan dengan mengabungkan 2 sel dari jaringan yg serupa ataupun 2 sel dari organisme yang berbeda dalam suatu medan listrik.

c. Kultur Jaringan
Kultur jaringan adalah teknik untuk memperbanyak tumbuhan secara vegetatif memanfaatkan sifat totipotensi sel turmbuhan.

d. Kloning
Kloning merupakan teknik yang digunakan urtuk menghasilkan keturunan yang memiliki sifat sama persis (identik) dengan induknya.

e. Teknik bayi tabung
Teknik bayi tabung merupakan teknik fertilisasi yang dilakukan di luar tubuh induk, setelah terbentuk embrio kemudian embrio tersebut akan dimasukkan ke dalam rahim induknya.

C. Aplikasi Bioteknologi Konvensional dan Bioteknologi Modern dalam Kehidupan

Beberapa contoh produk hasil aplikasi bioteknologi sebagai berikut.
a. Yoghurt, merupakan hasil fermentasl susu menzgunakan bantuan bakteri Lactobacilus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus.

b. Keju, merupakan produk yang dibuat dari air susu yang diasamkan dengan memanfaatkan bakteri asam laktat, misal Lactobacilus casei dan Streptococcus thermophillus, Selain itu, dalam pembuatan keju juga dapat digunakan bakteri Propioni bactericum Penicillium roqueforti dan Penicillium camemberti.

c. Mentega, merupakan produk yang dibuat dari krim susu dengan memanfaatkan bakteri Streptococcus lactis.

d. Tapai, merupakan produk yang dibuat dari ketan atau umbi-umbian seperti singkong melalui proses fermentasi dengan memanfaatkan jamur Saccharomyces cerevisiae.

e. Tempe, merupakan produk yang dibuat dari kedelai dengan bantuan ragi tempe berupa jamur Rhizopus oligosporus, Rhizopus stolonifer, dan Rhizopus oryzae.

f. Oncom merah, merupakan produk yang dibuat dari ampas tahu dengan bantuan jamur Neurospora crassa. Sementara itu, oncom hitam dibuat dari bungkil kacang tanah dengan bantuan jamur Rhizopus oligosporus.

g. Kecap, merupakan produk berupa cairan berwarna hitam yang rasanya manis atau asin. Kecap dibuat dari kedelal hitam dengan memanfaatkan jamur Aspergilus wentii dan Aspergillus soyae.

h. Nata de coco, merupakan produk yang memiliki tekstur kenyal menyerupai gel dan berwarna putih transparan. Nata de coco dibuat dari air kelapa dengan memanfaatkan bakteri Acetobacter xylinum.

i. Antibiotik, merupakan zat kimia yang dihasilkan oleh mikroorganisme (bakteri dan jamur) yang dapat menghambat pertumbuhan atau membunuh mikroorganisme lain.

j. Interferon, merupakan zat kimia yang d hasilkan tubuh sebagai respons terhadap infeksi virus.

k. Vaksin, merupakan bakteri atau virus yang dilemahkan sifat patogenitas dan dimasukkan ke tubuh untuk membentuk antibcdi sehingga seseorang memperoleh kekebalan tubuh.

l. Bakteri Thiobacillus ferooxidans, digunakan untuk pemisahan logam tembaga dari bijihnya.

m. Bakteri Methanobacteric, digunakan dalam pembuatan biogas karena mampu menghasilkan gas metana.

D. Dampak Bioteknologi bagi Kehidupan
Adanya bioteknologi dalam kehicupan dapat menimbulkan suatu dampak, baik dampak positif maupun dampak negatif.
1. Dampak Positif dari Bioteknologi
a. Meningkatkan sifat resistansi tanaman terhadap hama.
b. Meningkatkan produk dengan kualitas dan kuantitas baik.
c. Membantu manusia calam menangani pencemaran lingkungan.
d. Membantu dunia kedokteran dan medis dalam mengatasi penyakit.
e. Membantu mengatasi pelestarian keanekaragaman hayati.

2. Dampak Negatif dari Bloteknologi
a. Berpotensi terhadap pergeseran atau transfer gen dari organisme transgenik.
b. Berpotensi membentuk barier spesies (spesies penghalang.
c. Berpotensi menimbulkan penyakit baru yang lebih resistan.
d. Berpotensi menimbulkan kerusakan atau tersingkirnya plasma nutfah alami.
e. Berpotensi menimbulkan pencemaran biologis aklbat adanya transfer gen dari organisme transgenik

Materi Bioteknologi (Rangkuman SBMPTN)
4/ 5
Oleh


EmoticonEmoticon