Saturday, May 4, 2019

Materi Kingdom Plantae (Rangkuman SBMPTN)

Materi Kingdom Plantae (Rangkuman SBMPTN)

Materi Kingdom Plantae (Rangkuman SBMPTN)
Saturday, May 4, 2019
Rangkuman Materi Kingdom Plantae
Kingdom Plantae

Kingdom Plantoe merupakan kelompok makhluk hidup yang memiliki ciri di antaranya tersusun dari sel eukariotik, termasuk organisme multiseluler, tubuhnya melekat pada substrat menggunakan akar atau rizoid, bersifat autotrof, dan dapat melakukan fotosintesis karena mengandung kiorofil. Kingdom Plantae dibagi menjadi tiga divisi, yaitu Bryophyta (kelompok tumbuhan lumut), Pteridophyta (kelompok tumbuhan paku), dan Spermatophyta (kelompok tumbuhan berbiji)

A. Tumbuhan Lumut (Bryophyta)

Tumbuhan lumut merupakan satu-satunya kelompok tumbuhan yang tubuhnya masih berupa talus (lembaran)
Tumbuhan Lumut (Bryophyta)
1. Ciri-ciri Tumbuhan Lumut
Tumbuhan lumut belum memiliki akar, batang, dan daun sejati. Peran akar digantikan oleh rizoid. Tumbuhan lumut memiliki pembuluh angkut tunggal pada organ tubuhnya. Habitatnya di tempat lembap atau basah. Daur hidupnya mengalami pergiliran keturunan antara fase generatif (gametofit) dan fase vegetatif (sporofit). Fase gametofit lebih dominan daripada fase sporofit

Baca Juga : Materi Virus dan Bakteri (Rangkuman SBMPTN)
2. Klasifikasi Tumbuhan Lumut
Tumbuhan lumut dapat dibagi menjadi tiga kelas yaitu Anthocerotopsida (lumut tanduk) contohnya Anthoceros sp., Hepaticopsida (lumut hati) contohnya Marchantia polymorpha, dan Bryapsida contohnya Sphagnum sp

B. Tumbuhan Paku (Pteridophyta)

Meskipun struktur tubuhnya sudah lengkap, tumbuhan paku tetaplah merupakan tumbuhan tingkat rendah karena belum mampu menghasilkan biji.
Tumbuhan Paku (Pteridophyta)
1. Ciri-ciri Tumbuhan Paku
Tumbuhan paku sudah memiliki akar, batang, dan daun sejati. Tumbuhan paku memilik daun mikrofil dan makrofil. Pada daun makrofil terdapat daun steril dan daun fertil menghasilkan spora). Tumbuhan paku juga telah memiliki berkas pembuluh. Habitatnya di tempat lembab atau basah dan beberapa bersifat epifit. Tumbuhan paku mengalami pergiliran keturunan. Fase sporofit lebih dominan daripada fase gametofit.

2. Klasifikasi Tumbuhan Paku
Tumbuhan paku dapat dibagi menjadi empat kelas, yaitu Psilophytinae (paku purba) contohnya Psilotum sp., Lycopodinae (paku kawat) contohnya Seloginella caudotum., Equisetinae (paku ekor kuda) contohnya Equisetum debile, serta Filicinae (paku sejati) contohnya Marsilea crenata (semanggil) dan Adiantum sp. (suplir)
Baca Juga : Materi Protista dan Fungi (Jamur) (Rangkuman SBMPTN)

C. Tumbuhan Berbiji(Spermatophyta)

Tumbuhan berbiji merupakan kelompok tumbuhan dengan tingkat perkembangan filogenik paling tinggi. Ciri khasnya adalah adanya organ berupa biji.
Tumbuhan Berbiji(Spermatophyta)
1. Ciri-ciri tumbuhan berbiji
Tumbuhan berbiji memiliki akar, batang, dan daun sejati. Perkembangbiakan alami secara generatif menghasilkan biji. Di dalam biji terdapat embrio yang akan tumbuh dan berkembang menjadi individu baru. Alat perkembangbiakan terlihat jelas (bunga atau strobilus). Cara hidupnya fotoautotrof. Memiliki berkas pembuluh. Habitatnya di darat, namun beberapa ada yang hidup mengapung di air.

2. Klasifikasi Tumbuhan Berbiji
Berdasarkan letak bijinya, tumbuhan berbiji dibedakan menjadi dua, yaitu tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) dan tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae)
a. Angiospermae
Angiospermae memiliki ciri-ciri di antaranya bakal bijinya terlindungi daun buah (berbiji tertutup), memiliki sistem perakaran serabut dan tunggang, memiliki batang lunak dan keras berkayu, serta memiliki bunga sebagai alat perkembangbiakan utama. Berdasarkan jumlah keping lembaganya, tumbuhan berbiji tertutup dibagi menjadi dua, yaitu Monocotyledoneae (berkeping satu) dan Dicotyledoneae (berkeping dua)
1) Monocotyledoneae
Tumbuhan Monocotyledoneae memiliki ciri-ciri yaitu biji mengandung satu daun lembaga, sistem perakaran serabut, batang tidak berkambium, bentuk tulang daun melengkung atau sejajar, dan jumlah mahkota bunga kelipatan tiga. Tumbuhan Monocotyledoneae memiliki beberapa suku berikut
a) Suku Poaceae, contohnya padi (Oryzo sativo),jagung (Zea mays), dan gancum (Triticum sativum)
b) Suku Cyperaceae, contohnya rumput teki (Cyperus rotundus)
c) Suku Orchidaceae, contohnya anggrek bulan (Phalaenopsis amobilis) dan anggrek merpati (Dendrobium crumenatum).
d) Suku Palmae, contohnya kelapa (Cocos nucifera) dan pinang (Areca cothecu),
e) Suku Liliaceae, contohnya lidah buaya (Alce vera) dan bawang putih (Alliumсеpa).
f) Suku Zingiberaceae, contohnya jahe (Zingiber officinale) dan bunga tasbih (Canno hibrida)
g) Suku Musaceae, contohnya pisang (Musa paradisiaca).
Baca Juga : Materi Keanekaragaman Hayati (Rangkuman SBMPTN)
2) Dicotyledoneae
Tumbuhan Dicotyledoneae memiliki ciri-ciri yaitu biji mengandung dua daun lembaga, sistem perakaran tunggang, batang berkambium, pertulangan daun menyirip atau menjari, dan bagian mahkota bunga berjumlah kelipatan 2, 4, atau
5. Tumbuhan Dicotyledoneae memiliki beberapa suku berikut
a) Suku Cucurbitaccae, contohnya mentimun (Cucumis sativus)
b) Suku Euphorbiaceae, contohnya daun merah (Euphorbia pulcherrima).
c) Suku Papilionaceae, contohnya kacang tanah (Arachis hypogaea) dan kacang hijau (Phaseolus radiutus)
d) Suku Solanaceae, contohnya kentang (Solanum tuberosum) dan cabai (Capsicurn frustecens)
e) Suku Mimosaceae, contohnya sikejut (Mimosa pudica)
f) Suku Myrtaceae, contohnya kapas (Gossypium hirsutum)
g) Suku Piperaceae, contohnya lada (Piper nigrum)

b. Gymnospermae
Gymnospermae memiliki ciri-ciri di antaranya bakal biji terlindung oleh kulit biji dan tidak terlindung oleh daun buah (biji terbuka), memiliki alat reproduksi berupa strobilus dan tidak berbunga, pada umumnya penyerbukannya dibantu oleh angin batangnya berkambium sehingga dapat tumbuh besar, serta umumnya daun berukuran kecil, kaku, dan tajam.
Tumbuhan Gymnospermae dikelompokkan ke dalam empat kelas, yaitu Cycadinae contohnya pakis haji (Cycas rumphii), Gnetinae contohnya melinjo (Gnetum gnemon), Ginkgoinae contohnya ginkgo (Ginkgo biloba), serta Coniferinae contohnya pinus (Pinus merkusi) dan cemara (Cupressus lusitanica).

Materi Kingdom Plantae (Rangkuman SBMPTN)
4/ 5
Oleh


EmoticonEmoticon