Tuesday, October 29, 2019

Pengertian Manajemen dan Manajer Serta Fungsi, dan Manfaat

Pengertian Manajemen dan Manajer Serta Fungsi, dan Manfaat

Pengertian Manajemen dan Manajer Serta Fungsi, dan Manfaat
Tuesday, October 29, 2019
Selamat datang di omahjenius.com Kali ini kita akan menjawab beberapa persoalan seputar apa itu  manajemen & Pengertian Manajer, fungsi, dan manfaat adanya manajemen. berikut materi seputar manjemen dan manager.
Pengertian Manajemen dan Apa itu

Pengertian Manjemen

Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasian, memimpin dan mengontrol keuangan, karyawan, jam kerja, produk dan sumber informasi suatu perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Pengertian manajemen sendiri ada beberapa macam yaitu:
1. Pengertian manajemen menurut encyclopedia of the social science, adalah suatu proses dimana suatu tujuan tertentu di laksanakan dan di awasi.
2. Pengertian manajemen menurut Haiman, yaitu suatu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain, mengawasi usaha-usaha yang di lakukan individu untuk mencapai suatu tujuan.
3. Pengertian manajemen menurut George R. Terry, yaitu cara pencapain tujuan yang telah di tentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.

Mengapa Manajemen dibutuhkan ?

– untuk mencapai tujuan organisasi
– untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan – tujuan yang saling bertentangan.
– untuk mencapai efisiensi dan efektivitas

Fungsi manajemen

- Perencanaan (Planing)
- Pengorganisasian (Organizing)
- Pengarahan dan Pengimplementasian (Directing / Leading)
- Pengawasan dan Pengendalian (Controlling)

Ada beberapa tingkat didalam manajemen:

Top management: bertanggung jawab terhadap keseluruhan perusahaan. Contoh: presiden, wakil persiden, CEO, CFO
Middle management: mengimplementasikan strategi dan pekerjaan berdasar tujuan yang sudah ditetapkan oleh manajer yang lebih tinggi (top manager). Contoh: manajer pabrik, manajer operasi, manajer divisi.
First-line managers: bekerja dengan karyawan dan mengawasi karyawan. Contoh: supervisor, manajer kantor, manajer proyek.

Manajemen Skill

- Konseptual Skill yaitu Kemampuan untuk merencanakan mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan organisasi.
- Keterampilan Skill yaitu Kemampuan bekerja untuk memahami.
- Keterampilan Teknik yaitu kemampuan untuk menggunakan peralatan – peralatan, memahami prosedur atau teknik dari suatu bidang tertentu.

Macam-macam keterampilan manajemen dasar:

- Keterampilan manajemen waktu
- Keterampilan konseptual
- Keterampilan teknis
- Keterampilan hubungan manusia
- Keterampilan pengambilan keputusan

Strategi manajemen adalah proses membantu suatu perusahaan untuk mempertahankan keselarasan dengan cara yang efektif.

Apa itu Manajer ?

Manajer adalah orang atau seseorang yang bekerja dengan dan melalui orang lain.
Tugas Manajer yaitu mengkoordinir tugas mereka untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

Manajer yang baik adalah manajer yang dapat memenuhi dua hal:

- Dapat bertanggung jawab untuk prestasi perusahaan dengan efektif dan efisien.
- Bertanggung jawab terhadap semua kunci dan semua stakeholder.

Menjadi manajer yang sukses tidak lepas dari beberapa hal, diantaranya :

- Pendidikan
- Pengalaman (Bisnis)
- Visi (Pikiran kedepan)
- Etika
- Dimensi Internasional
- Jiwa Entrepreneur (Kewirausahaan)
- Harus bisa dan mampu mengembangkan pola pikir, jangan terpatok atau tercekoki suatu tuntutan.


Kesimpulan Bahasan Mengenai Manajamen
Dari pembahasan di atas mengenai manajemen dan manajer maka dapat disimpulakan bahwa manajemen dan manajer itu saling bersingkronisasi satu sama lain. Karena tak dapat di pungkiri bahawa jika kita membasan manajemen maka kiata juga pasti akan membahas menegenai manajer. Nah sebagai Ending dari pembahasan ini maka kita dapat mengambil sebuah asumsi yang dapat di jadikan refesensi bersama untuk di jadikan bahan manivestasi di dunia kerja nantinya.

Pendapat Mengenai Manajamen

Menurut pendapat saya, manajemen adalah hal yang sangat diperlukan. Sistem manajemen adalah hal yang diperlukan dalam sebuah usaha. Sistem manajemen yang mengatur mengenai keuangan, operasional, dan lain- lain
Pengertian manajemen sendiri ada beberapa macam yaitu:
1. Pengertian manajemen menurut encyclopedia of the social science, adalah suatu proses dimana suatu tujuan tertentu di laksanakan dan di awasi.
2. Pengertian manajemen menurut Haiman, yaitu suatu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain, mengawasi usaha-usaha yang di lakukan individu untuk mencapai suatu tujuan.
3. Pengertian manajemen menurut George R. Terry, yaitu cara pencapain tujuan yang telah di tentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.

Manajemen dibutuhkan oleh semua orang, kelompok, ataupun organisasi untuk mengatur ,merencanakan segala hal untuk dapat hasil yang baik di kemudian.Untuk mencapai tujuan tersebut, manajer perlu menjaga keseimbangan antara tuntutan yang bertentangan dari para pemangku kepentingan organisasi. Stakeholders adalah semua orang, yang memiliki saham dalam keberhasilan organisasi, termasuk karyawan, pemilik, pelanggan dan kreditur.

Untuk mengatur semua kegiatan rumah tangga, sekolah, koperasi,  pemerintahan, dan lain sebagainya. Dengan manajemen yang baik maka dibutuhkan kerjasama akan serasi dan harmonis dan saling menghormati, sehingga tujuan optimal akan tercapai. Begitu pentingnya peranan manajemen dalam kehidupan.

Daftar Pustaka :
- 2006 by The McGraw-Hill Companies, Inc. All rights reserved.
- encyclopedia of the social science
- Arthur G. Bedeiaan, Organitations : theory and analysis, The Dryden Press, Hinsdale, Illinois, 1980. - Charles H. Kepner & Benyamin B. Tregoe, manajer yang rasional! (II) (terjemehan), Penerbit  Erlangga – Jakarta, 1982.
- Willian F. Glueck, Management, The Dryden Press, Hinsdale, Illinois,s 1977. 7

Demikian pembahasan mengenai pengertian manajemen dan apa itu manajer. Semoga dengan artikel dapat mengetahui arti seputar manajemen dan manajer.
Pengertian Manajemen dan Manajer Serta Fungsi, dan Manfaat
4/ 5
Oleh


EmoticonEmoticon