Wednesday, August 7, 2019

Latihan Soal Sejarah Indonesia Masa Reformasi Beserta Jawaban

Latihan Soal Sejarah Indonesia Masa Reformasi Beserta Jawaban

Latihan Soal Sejarah Indonesia Masa Reformasi Beserta Jawaban
Wednesday, August 7, 2019
Latihan Soal Sejarah Bab Indonesia Masa Reformasi - Di kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit Soal pilihan ganda dan soal uraian mengenai Indonesia Masa Reformasi, soal yang kami berikan terdapat pula jawaban dan pembahasan, untuk dapat kalian gunakan sebagai sarana belajar.

Dalam contoh soal sejarah kelas 10 ini juga terdapat pembahasan mengenai soal. Dengan adanya contoh soal Sejarah Kelas 10 Indonesia Pada Masa Reformasi sekaligus pembahasan soal, dapat lebih dalam mengerti dengan materi sejarah kelas 10 Bab Indonesia Pada Masa Reformasi

Latihan Soal Sejarah Bab Indonesia Masa Reformasi

Latihan Soal Sejarah Indonesia Masa Reformasi Beserta Jawaban
Indonesia Masa Reformasi

Berikut soal sejarah Indonesia Pada Masa Reformasi, Soal dan pembahasan akan kami pisah, agar kalian dapat menebak jawaban, sekalian kalian gunakan untuk mengetest berapa dalam materi yang telah kalian pelajari. Semoga Berhasil jika tidak tahu dengan jawabannya bisa kalian ke paling bawah untuk menengok jawaban dan pembahasan tentang soal Indonesia Pada Masa Reformasi ini.

Baca Materi : Sejarah Indonesia Pada Masa Reformasi

Soal Pilihan Ganda

1. Masa reformasi di lndonesia diawali dengan pemerintahan Presiden B.J. Habibie. Presiden B.J. Habibie memiliki tugas berat karena mengemban agenda reformasi Meskipun demikian Presiden B.J. Habibie dapat menjalankan tugasnya dengan baik Salah satu bukti keberhasilan Preiiden B.J. Habibie dalam menjalankan agenda reformasi adalah.....
A. mereorganisasi birokrasi dengan memisahkan TNI dan Polri
B. memberantas tindak korupsi dengan mendirikan Pengadilan Tipikor
C. membubarkan Departemen Penerangan yang dicap sebagai alat politik Orde Baru
D. mencari penyelesaian konflik dengan Aceh dan Papua dengan memberikan otonomi khusus
E. mengakhiri pemberian tanda khusus pada kartu tanda penduduk (KTP) warga keturunan Tionghoa

2. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Membentuk Komisi Pemberantasan Korupsi dan Pengadilan Tipikor.
2) Mereorganisasi birokrasi dan memisahkan Polri dan TNI.
3) Mengakhiri kerja sama dengan IMF dan membubarkan Badan Penyehatan Perbankan Nasional/BPPN
4) Menyelenggarakan jajak pendapat untuk menentukan nasib rakyat Timor Timur.
5) Memberikan otonomi khusus kepada Aceh konflik.

Kebijakan pemerintahan Presiden Megawati soekarnoputri dalam mengatasi krisis ekonomi dan politik yang melanda lndonesia seiak awal masa reformasi ditunjukkan oleh angka.....
A. 1), 2), dan 3)
B. 1),3), dan a)
C. 1),3), dan 5)
D. 2), 3), dan 5)
E. 2), 4), dan 5)

3. Dalam menjalankan pemerintahannya Presiden Abdurrahman Wahid mengutamakan toleransl Oleh karena itu, Presiden Abdurrahman Wahid berusaha menerapkan kebijakan yang memperhatikan kaum minoritas' Kebijakan Presiden Abdurrahman Wahid tersebut yaitu ......
A. memperbolehkan etnik Tionghoa mempraktikkan kebudayaan mereka
B. mengizinkan pengibaran bendera bintang kejora di Papua
C. menggagas forum'dialog antarumat beragama
D. mengganti nama lrian Jaya meniadi Papua
E. membebaskan tahanan politik Orde Baru

4. Salah satu peristiwa yang menunjukkan peran mahasiswa dalam perubahan pemerlntahan adalah tragedi Trisakti. Dampak tragedi Trisakti yang menyebabkan tewasnya empat mahasiswa Trisakti adalah....
A. memicu mahasiswa membawa senjata saat demonstrasi
B. memicu perampokan dan pencurian di berbagai daerah
C. menurunnya jumlah aksi protes dan demonstrasi mahasiswa
D. munculnya kudeta pemerintahan yang dilakukan oleh mahasiswa
E. menyulut demonstrasi yang lebih besar di sejumlah daerah

5. Perhatikan wacana berikut!
"Pada tanggal 1 Oktober 2005 pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla harus menaikkan harga,BBM. Kenaikan tersebut berimbas pada situasi perekonomian tahun-tahun berikutnya. Pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla menaikkan harga BBM karena harus menghadapi tekanan APBN yang semakin berat akibat lonjakan harga minyak dunia."
Peristiwa pada wacana tersebut mengandung makna....
A. presiden merupakan satu-satunya pengambil keputusan dalam pemerintahan
B. seorang pemimpin harus beranimengambil keputusan dengan cepat dan tepat
C. suatu negara harus menaikkan BBM untuk mengurangi tekanan APBN
D. pada awaljabatan sebagai presiden harus menaikkan APBN dan menaikkan harga BBM
E. presiden menaikkan harga BBM untuk menambah pendapatan negara

Baca Materi : Sejarah Indonesia Pada Masa Reformasi

Soal Uraian

1. Pada akhir Orde Baru terjadi krisis multidimensional yang akhirnya berujung pada tuntutan reformasi. Salah satu bidang yang menjadi tuntutan reformasi adalah hukum. Mengapa masyarakat menghendaki reformasi di bidang hukum?

2. Bagaimana bentuk perbedaan sikap terhadap umat Konghucu pada masa Orde Baru dan masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid?

Pembahasan Soal Sejarah Indonesia Masa Reformasi

Dengan adanya pembahasan semoga dapat memperdalam materi kalian mengenai Indonesia Pada Masa Reformasi

Pembahasan Pilihan Ganda

1. Jawaban: E
Sejalan dengan pengunduran diri Presiden Soeharto, pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Presiden B'J' Habibie mengemban tugas berat untuk menjalankan agenda reformasi. Presiden B.J. Habibie harus menyelesaikan berbagai persoalan yang merupakan warisan pemerintahan Orde Baru Selama menjabat presiden B.J. Habibie mengeluarkrn kebijakan yang proreformasi seperti mencabut undang-undang SIUPP bagi pers, menyelesaikan konflik Timor Timur dengan menyelenggarakan jajak pendapat dan mengembalikan hak warga keturunan Tionghoa sebagai warga negara lndonesia dengan menghapuskan pemoerian p1{1 khusus pada kartu anggota penduduk (KTP) milik warga Tionghoa Adapun pilihan A dan.C. merupakan kebiiikan Presiden Abdurrahman Wahid Pilihan B dan D merupakan kebiiakan Presiden Megawati Soekarnoputri.

2. Jawaban: C
Dalam melaksanakan agenda reformasi pemerintanan Presiden Megawati Soekarnoputri mengeluarkan sejumlah program di antaranya mem"bentuk lembaga pemberantasan korupsi dan Pengadilan Tipikor, mengakhiri keria sama dengan IMF, membubarkan Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN)' serta memberikan otonomi khusus kepada Aceh dan Papua Barat' Jadi, jawaban yang tepat ditunlukkan oleh angka 1), 3), dan 5)pernyataan angka 2) merupakan Kebijakan Presiden Abdurrahman Wahid adapun pernyataan angka 4) merupakan kebijakan Presiden BJ Habibie.

3. Jawaban: A
Pada masa pemerintahannya' Presiden Abdurrahman Wahid mengeluarkan kebiiakan yang menjunjung tinggi asas toleransi' Presiden Abdurahman Wahid memperjuangkan hak-hak Xetompok minoritas' Pemerintah memperjuangkan hak-hak bagi masyarakat Tionghoa agar dapat mempraktikkan agama dan kebudayaan juga secara bebas. Presiden Abdurrahman Wahid menetapkan hari raya imlek sebagai hari libur nasional. Pemerintah memberikan kebebasan bagi pemeluk agama Konghucu mempraktikkan ibadah secara terbuka.

4. Jawaban: E
Tragedi Trisakti terjadi pada tanggat 12 Mei 1998. Tragedi ini menyulut demonstrasi yang lebih besar di berbagai daerah seperti Bandung, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya. Puncaknya, mahasiswa dari kampus berhasil menduduki gedung DPFi/MPR.

5. Jawaban: B
Pada saat genting seorang pemimpin harus berani mengambil keputusan dengan cepat dan tepat apa pun risikonya. Seperti halnya pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla yang harus menaikkan harga BBM dalam menghadapitekanan APBN yang semakin berat karena lonjakan harga minyak dunia. Kenaikan harga BBM telah mendorong tingkat inflasi pada bulan Oktober 2005 mencapai 8,7%. Meskipun demikian, tingkat pertumbuhan ekonomi periode 2005-2007 relatif lebih baik dibandingkan pemerintahan sebelumnya.

Baca Materi : Sejarah Indonesia Pada Masa Reformasi

Pembahasan Uraian

1. Pada masa Orde Baru kekuasaan kehakiman sering dimanfaatkan para penguasa. Selain itu, hukum dijadikan alat pembenaran atas kebijaksanaan penguasa. Adanya penyimpangan dalam bidang hukum pada masa Orde Baru mendorong masyarakat menghendaki reformasi di bidang hukum untuk meluruskan masalah pada posisi yang sebenarnya.

2. Pada era Orde Baru kehidupan beragama di lndonesia diatur melalui Surat Edaran Menteri Dalam Negeriyang menyatakan bahwa agama resmi yang diakui oieh pemerintah adalah lslam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha. Adapun Konghucu tidak diakui dan tidak boleh diajarkan di sekolah-sekolah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut Presiden Abdurrahman Wahid menerbitkan pemulihan hak-hak sipil penganut agama Konghucu.

Itu saja yang dapat saya berikan mengenai Contoh Soal Sejarah Bab Indonesia Masa Reformasi dan pembahasan pada materi sejarah kelas 11. Semoga soal soal ini dapat bermanfaat untuk temen temen yang sedang belajar. Semoga Belajarnya Sukses Semua. Terimakasih
Latihan Soal Sejarah Indonesia Masa Reformasi Beserta Jawaban
4/ 5
Oleh


EmoticonEmoticon