Saturday, May 18, 2019

Materi Mutasi (Rangkuman SBMPTN)

Materi Mutasi (Rangkuman SBMPTN)

Materi Mutasi (Rangkuman SBMPTN)
Saturday, May 18, 2019
Rangkuman Materi Mutasi

A. Pengertian Mutasi

Mutasi merupakan perubahan struktur susunan materi genetik (DNA) yang dapat diturunkan ke generasi berikutnya. Terjadinya perubahan susunan materi genetik akan menyebabkan perubahan gen sehingga dapat mengakibatkan perubahan fenotipenya. Makhluk hidup yang mengalami mutasi disebut mutan. Adapun zat penyebab mutasi disebut mutagen. Mutasi dapat terjadi baik pada gen maupun pada kromosom.
Pengertian Mutasi

B. Macam-Macam Mutasi Berdasarkan Tempat Terjadinya 

Berdasarkan tempat terjadinya, mutasi dibedakan menjadi dua macam yaitu mutasi gen dan mutasi kromosom.
1. Mutasi Gen
Mutasi gen disebut juga mutasi titik atau point mutation. Mutasi gen merupakan mutasi akibat adanya perubahan yang terjadi pada nukleotida DNA. Mutasi gen dapat berupa perubahan kimia pada pasangan basa nitrogen dalam gen. Mutasi gen disebabkan karena substitusi basa N. Tipe-tipe mutasi gen sebagai berikut.
a. Mutasi tidak bermakna (nonsense mutation), yaitu perubahan pada triplet basa (kodon) tetapl perubahannya tidak menycbabkan kesalahan pembentukan protein.
b. Mutasi ganda (triple mutation), yaitu terjadi pengurangan atau penambahan tiga basa secara bersama-sama
c. Mutasi bingkai (rame shift mutation), yaitu penambahan atau pengurangan basa nitrogen. Mutasi ini terdiri atas delesi (pengurangan basa nitrogen) dan duplikasi (penambahan basa nitrogen)
d. Mutasi penggantian basa, mutasi ini terdiri atas transisi dan transversi
Transisi: basa purin <> basa purin, basa pirimidin <> basa pirimidin.
Transversi: basa purin <> basa pirimidin

2. Mutasi Kromosom
Mutasi kromosom disebut juga mutasi besar atau aberasi, Mutasi kromosom merupakan mutasi yang terjadi karena adanya perubahan struktur dan jumlah pada kromosom. Mutasi kromosom dapat dibedakan menjadi dua, yaitu mutasi karena perubahan jumlah kromosom dan mutasi karena perubahan struktur kromosom
a. Macam Mutasi Karena Perubahan Jumlah Kromosom
1) Euploidi, apabila terjadi pengurangan atau penambahan perangkat kromosom.
Contoh: 2n 4n, 2n n

2) Aneuploidi: apabila terjadi perubahan kromosom hanye pada salah satu atau lebih dari satu genom
Contoh: 2n +1 (trisomi), 2n+2 (tetrasomi), 2n-1 (monosomi), 2n-2 (nulisomi

b. Macam Mutasi Karena Perubahan Struktur Kromosom
1) Delesi
Delesi terjadi karena adanya fragmen kromosom yang patah dan hilang sehingga menyebabkan susunan kromosom mengalami perubaharn.
Delesi

2) Duplikasi
Duplikasi terjadi karena adanya peristiwa penambahan suatu fragmen kromosom yang sama berasal dari kromosom homolog, sehingga mengakibatkan perubahan susunan kromosom.
Duplikasi

3) Inversi
Inversi terjadi apabila fragmen pada suatu kromosom patah dan akan kembali lagi pada kromosom tersebut akan tetapi susunan fragmen kromosomnya terbalik. Oleh karena itu dapat menyebabkan terjadinya perubahan susunan kromosom.
Inversi

4) Translokasi
Translokasi terjadi apabila terdapat dua kromosom nonhomolog yang mengalami patah pada fragmen tertentu, kemudian fragmen tersebut bergabung pada kromosom lain nonhomolognya. Oleh karena itu, dapat mengakibatkan terjadinya perubahan susunan kromosom.
Translokasi

Beberapa contoh penyakit pada manusia akibat mutasi kromosom sebagai berikut
a. Sindrom Turner (45 XO)
b. Sindrom Klinefelter (47 XXY)
C. Sindrom Jacob (47 XYY)
d. Sindrom Down (47 XX atau 47 XY)
e. Sindrom Patau (47 XX atau 47 XY)
f. Sindrom Edward (45 A + 18+ XX atau 45 A + 18 + XY)

C. Mutagen

Mutagen adalah zat yang mampu menyebabkan mutasi. Mutagen dapat dibedakan menjadi tiga seperti berikut.
1. Mutagen biologi: bakteri, virus
2. Mutagen kimia: kolkisin, antibiotik, alkohol, asam nitrat, aminopurpurin
3. Mutagen fisika: radiasi peng-ion (zat radioaktif, sinar X, sinar kosmis, proton dan netron β), radiasi non peng-ion (sinar UV, suhu tinggi

D. Dampak Mutasi
Adanya mutasi dapat menimbulkan dampak positif (menguntungkan) dan dampak negatif (merugikan) yang dijelaskan seperti berikut
1. Dampak Positif
Dampak positif dari adanya mutasi di antaranya poliploid pada tanaman. Poliploid pada tanaman tersebut dapat menghasilkan buah besar, buah tidak berbi, serta buah yang produktivitasnya tinggi dan memiliki nilai jual tinggi.

2. Dampak Negatif
Dampak negatif dari adanya mutasi dapat menimbulkan kelainan, penyakit, dan kemandulan. Mutasi yang merugikan ini ada yang dapat diwariskan dan ada yang tidak diwariskan.
Materi Mutasi (Rangkuman SBMPTN)
4/ 5
Oleh


EmoticonEmoticon