Tuesday, July 9, 2019

Contoh Soal Sejarah Kelas 10 Masa Praaksara

Contoh Soal Sejarah Kelas 10 Masa Praaksara

Contoh Soal Sejarah Kelas 10 Masa Praaksara - Di kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit Soal pilihan ganda dan soal uraian mengenai Masa Praaksara, soal yang kami berikan terdapat pula jawaban dan pembahasan, untuk dapat kalian gunakan sebagai sarana belajar.

Dalam contoh soal sejarah kelas 10 ini juga terdapat pembahasan mengenai soal. Dengan adanya contoh soal Sejarah Kelas 10 Masa Praaksara sekaligus pembahasan soal, dapat lebih dalam mengerti dengan materi sejarah kelas 10 Bab Masa Praaksara.

Contoh Soal Sejarah Kelas 10 Masa Praaksara

Berikut soal sejarah masa praaksara beserta pembahasannya, Soal dan pembahasan akan kami pisah, agar kalian dapat menebak jawaban, sekalian kalian gunakan untuk mengetest berapa dalam materi yang telah kalian pelajari. Semoga Berhasil jika tidak tahu dengan jawabannya bisa kalian ke paling bawah untuk menengok jawaban dan pembahasan tentang soal masa praaksara ini.

Soal Pilihan Ganda

1. Masa praaksara dianggap sebagai periode awal kehidupan manusia. Masa praaksara berlangsung ketika....
A. manusia mampu membuat prasasti
B. masyarakat mengenal sistem kerajaan
C. manusia mampu membaca dan menulis
D. manusia belum memiliki budaya
E. manusia belum mengenal catatan tertulis

Baca Materi : Mengenal Kehidupan Di Zaman Praaksara

2. Sikap yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari setelah mempelajari kehidupan masa praaksara adalah....
A. meniru cara hidup primitif manusia pada masa praaksara
B. mengembalikan jabatan kepala desa menjadi kepala suku
C. mengubah penggunaan teknologi modern menjadi teknologi tradisional
D. membawa pola pemikiran manusia pada masa praaksara dalam kehidupan modern
E. meneladan sikap pantang menyerah yang ditunjukkan manusia pada masa praaksara

3. Perhatikan keterangan berikut!
1) Memiliki geraham besar, otot kunyah kuat, rahang bawah tegap, dan kening menonjol.
2) Fosil ditemukan di Desa Sangiran, lembah sungai Bengawan Solo.
3) Mengonsumsi tumbuh-tumbuhan.
Keterangan tersebut menunjukkan ciri-ciri manusia purba jenis...
A. Pithecanthropus mojokertensis
B. Meganthropus palaeojavanicus
C. Pithecanthropus robustus
D. Homo erectus
E. Homo sapiens

4. Muhammad Yamin merupakan salah salu tokoh yang mengungkapkan teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia. la menyatakan Danwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dan..
A. Yunan atau wilayah Cina bagian selatan
B. wilayah Indonesia sendiri
C. wilayah Taiwan
D. daerah yang berbahasa Austronesia
E. Benua Afrika

5. Manusia purba memiliki kecenderungan hidup berkelompok. Kecenderungan ini didorong oleh kebutuhan..
A. mencari pasangan hidup
B. melindungi diri dari bencana alam
C. memilih pemimpin suku yang tepat
D. mencari makanan untuk dikonsumsi
E. menghadapi serangan binatang buas

6. Perhatikan kemampuan manusia pada masa praaksara berikut!
1) Membuat kerajinan yang diperoleh dari alam sekitarnya seperti batu, kayu, dan tulang.
2) Menguliti binatang buruan dan membuat mata panah.
3) Menciptakan alat untuk menangkap buruan.
4) Mengenal budaya kepercayaan animisme dan dinamisme.
5) Membuat perahu dan mencari ikan di sekitar sungai.
Kemampuan manusia pada masa berburu dan mengumpulkan makanan ditunjukkan oleh keterangan angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

Baca Materi : Mengenal Kehidupan Di Zaman Praaksara

Soal Uraian

1. Mengapa hasil budaya manusia pada masa praaksara penting dipelajari pada masa kini?
2. Tunjukkan perbedaan bangsa Deutro Melayu dan Proto Melayu sebagai bangsa asal nenek moyang bangsa Indonesia!

Pembahasan Soal Sejarah Masa Praaksara

Dengan adanya pembahasan semoga dapat memperdalam materi kalian mengenai masa praaksara.

Pembahasan Pilihan Ganda

1. Jawaban: E
Praaksara berasal dari kata "pra" yang berarti sebelum dan "aksara" yang berarti tulisan. Dengan demikian, masa praaksara merupakan masa sebelum manusia mengenal tulisan. Masa tersebut terjadi sejak alam semesta terbentuk hingga sebelum manusia mengenal tulisan.

Pilihan A, B, dan C tidak tepat karena menunjukkan masa ketika manusia sudah mengenal tulisan atau disebut masa aksara. Sementara itu, pilihan D tidak tepat karena manusia praaksara telah mengenal budaya meskipun dalam bentuk sederhana.

Baca Materi : Mengenal Kehidupan Di Zaman Praaksara

2. Jawaban: E
Pada periode awal praaksara manusia menggantungkan hidup dari alam sekitar. Dengan semangat pantang menyerah, manusia pada masa praaksara berusaha memenuhi kebutuhan hidup dengan cara berburu hewan dan mengumpulkan makanan dari lingkungan sekitar.

3. Jawaban: B
Keterangan pada soal merujuk pada ciri-ciri manusia purba Meganthropus palacojavanicus. Fosil manusia purba ini ditemukan di Desa Sangiran, lembah Sungai Bengawan Solo pada tahun 1941. Meganthropus palaeojavanicus memiliki ciri-ciri fisik kening menonjol, geraham besar, otot kunyah kuat, dan rahang bawah tegap sehingga manusia jenis ini diperkirakan mengonsumsi tumbuh-tumbuhan.

Pilihan A, C dan D tidak tepat karena ketiga manusia purba tersebut tidak memiliki alat pongunyah sekuat Meganthropus palaeojavanicus. Sementara itu, pilihan E tidak tepat karena Homo sapiens memiliki ciri-ciri yang berbeda dari Meganthropus palaeojavanicus. Ciri fisik Homo sapiens yaitu menyerupai manusia modern.

4. Jawaban: B
Muhammad Yamin merupakan salah satu tokoh pendukung teori Nusantara. Teori Nusantara menyatakan nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari wilayah Indonesia sendiri.

Pilihan A merupakan teori Out of Yunan yang didukung oleh Muhammad Ali. Pilihan C merupakan teori Out of Taiwan yang didukung oleh Harry Truman Simanjuntak. Pilihan D tidak termasuk teoriasal usul nenek moyang bangsa Indonesia. Adapun pilihan E merupakan teori Out of Africa yang didukung oleh Max Ingman.

5. Jawaban: D
Ikatan kelompok pada masa berburu dan mengumpulkan makanan sangat penting untuk mendukung berlangsungnya kegiatan bersama. Dengan hidup berkelompok manusia purba bisa memperoleh makanan dengan mudah.

Pilihan A tidak tepat karena mencari pasangan hidup dapat diperoleh tanpa hidup berkelompok Pilihan B tidak tepat karena bencana alam tidak dapat dihindari dengan hidup berkelompok Pilihan C tidak tepat karena pemilihan kepala suku dilakukan secara perseorangan. Adapun pilihan E tidak tepat karena hidup berkelompok belum tentu dapat menghindari serangan binatang buas.

6. Jawaban: A
Manusia purba pada masa berburu dan mengumpulkan makanan mampu membuat kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang diperoleh dari alam sekitarnya seperti batu, kayu, dan tulang.

Manusia pada masa ini juga mampu menguliti binatang buruan, serta membuat mata panah. Manusia purba pada masa berburu dan mengumpulkan makanan telah menciptakan peralatan untuk menangkap buruan. Jadi, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh angka 1), 2), dan 3).

Baca Materi : Mengenal Kehidupan Di Zaman Praaksara

Pembahasan Uraian

1. Hasil budaya manusia pada masa praaksara mempunyai arti penting sebagai pembelajaran pada masa kini untuk menumbuhkan kesadaran tentang asal usul manusia. Dalam kehidupannya, manusia senantiasa mencari tahuu asal usul mereka. Kesadaran tentang pengetahuan ini sangat penting untuk menunjukkan identitas manusia dalam kehidupan masa kini.

2. Bangsa Proto Melayu dan Deutro Melayu merupakan bangsa yang dominan menurunkan suku bangsa di Indonesia. Meskipun demikian, kedua bangsa ini memiliki perbedaan daerah asal dan ciri-ciri fisik. Bangsa Proto Melayu berasal dari daerah Yunan.

Bangsa Proto Melayu memiliki ciri-ciri fisik antara lain kulit sawo matang, rambut lurus, badan tinggi ramping, serta bentuk mulut dan hidung sedang. Sementara itu, bangsa Deutro Melayu berasal dari wilayah Indo-Cina bagian utara. Bangsa Deutro Melayu memiliki ciri-ciri fisik antara lain tinggi badan 135-180 cm, berat badan 30-75 kg, warna kulit kuning langsat dan cokelat hitam, warna rambut cokelat dan hitam, serta bentuk rambut lurus dan keriting.

Itu saja yang dapat saya berikan mengenai Contoh Soal Sejarah Kelas 10 Masa Praaksara dan pembahasan pada materi sejarah kelas 10. Semoga soal soal ini dapat bermanfaat untuk temen temen yang sedang belajar. Semoga Belajarnya Sukses Semua. Terimakasih
Contoh Soal Sejarah Kelas 10 Masa Praaksara
4/ 5
Oleh


EmoticonEmoticon