Wednesday, July 3, 2019

Contoh Soal Ruang Lingkup Sejarah dan Pembahasan (Sejarah Kelas 10)

Contoh Soal Ruang Lingkup Sejarah dan Pembahasan (Sejarah Kelas 10)

Contoh Soal Ruang Lingkup Sejarah - Di kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit Soal pilihan ganda dan soal uraian mengenai pengertian sejarah, ruang lingkup sejarah, dan sumber sejarah, serta pembahasannya.

Dalam soal ini juga terdapat pembahasan mengenai soal yang telah kami berikan. Dengan adanya contoh soal ruang lingkup sejarah sekaligus pembahasan soal dapat lebih dalam mengertia materi sejarah kelas 10 Bab pengertian sejarah, ruang lingkup sejarah, dan sumber sejarah.

Soal Sejarah Sejarah Pengertian, Sumber, dan Ruang Lingkup Sejarah

Berikut soal yang akan kami berikan beserta pembahsannya, Soal dan pembahsan akan kami pisah, agar kalian dapat menebak jawaban,

Soal Pilihan Ganda

1. Istilah sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu syajarah atau nyajaratun yang berarti pohon Istilah "pohon" jika dikaitkan dengan sejarah berarti...
A. perubahan sifat manusia dari masa ke masa
B. tumbuh, hidup, dan berkembang sepanjang masa
C. riwayat dan peristiwa yang membentuk kelangsungan hidup
D. perjalanan hidup manusia pada masa lampau menuju masa depan
E. kohidupan manusia yang selalu berinteraksi dengan makhluk lain
Baca Materi : Pengertian Sejarah, Ruang Lingkup Sejarah, dan Sumber Sejarah
2. Sejarah sebagai ilmu mempunyai teori. Teori dalam sejarah muncul setelah sejarawan....
A. menemukan fakta-fakta dan bukti-bukti
B. menemukan kesimpulan baru dalam penelitiannya
C. memanfaatkan ilmu-ilmu bantu dalam penulisannya
D. menggunakan teori dan pendekatan ilmu-ilmu sosial
E. menyelesaikan langkah-langkah dalam metode sejarah

3. Kakek buyut Agus merupakan mantan seorang prajurit gerilya di bawah pimpinan Jenderal Soedirman. Agus mewawancarai kakek buyut-nya mengenai terjadinya perang gerilya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Berdasarkan sifatnya, informasi yang diperoleh Agus merupakan sumber....
A. tersier
B. primer
C. benda
D. tertulis
E. sekunder

4. Berdasarkan subjeknya, sejarah sebagai kisah dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu...
A. sejarah politik dan sejarah baru
B. sejarah modern dan sejarah baru
C. sejarah lokal dan sejarah nasional
D. sejarah nasional dan sejarah regional
E. sejarah konvensional dan sejarah baru
Baca Materi : Pengertian Sejarah, Ruang Lingkup Sejarah, dan Sumber Sejarah

Soal Uraian

1. Ilmu sejarah memiliki sifat khas jika dibandingkan ilmu lain. Jelaskan tiga sifat khas ilmu sejarah!
2. Sumber lisan dibagi menjadi dua jenis. Jelaskan kedua jenis sumber lisan tersebut!

Pembahasan Soal Sejarah Pengertian, Sumber, dan Ruang Lingkup Sejarah

Pembahasan Pilihan Ganda

1. Jawaban: B
William H. Frederick menjelaskan secara otimologi kata sejarah berasal dari bahasa Arab, syajaratun yang berarti pohon William H.Frederick berusaha mengaitkan pohon dan sejarah karena keduanya memiliki keterkaitan. Bagian dari pohon seperti akar, batang, cabang, daun, bunga dan buah menunjukkan pertumbuhan. Konsep ini sama dengan ilmu sejarah yang mengkaji kehidupan manusia. Dalam kajian sejarah, manusia selalu tumbuh, hidup, dan berkembang sepanjang masa Pernyataan A tidak tepat karena sejarah tidak mengkaji perubahan sifat manusia dan perjalanan hidup manusia yang bersifat biasa Pernyataan C, D dan E tidak tepat karena sejarah merekonstruksi perjalanan manusia yang bersifat unik dan berpengaruh bagi kehidupan manusia secara luas.

2. Jawaban: B
Seperti ilmu pengetahuan lain, sejarah memiliki teori (epistemologi) yang menjadi dasar bagi kaidah-kaidah penelitian sejarah. Teori muncul setelah sejarawan melakukan serangkalan penelitian dan menemukan kesimpulan baru yang membedakan dengan kesimpulan-kesimpulan sebelumnya. Kesimpulan ini diperoleh setelah sejarawan merekonstruksi fakta dan bukti yang telah diperoleh. Pernyataan A, C, D, dan E tidak tepat karena sejarah masih dalam satu rumpun dengan ilmu Sosial. Akan tetapi, tidak semua pendekatan dalam ilmu sosial dapat diterapkan dalam kajian sejarah.
Baca Materi : Pengertian Sejarah, Ruang Lingkup Sejarah, dan Sumber Sejarah
3. Jawaban: B
Sumber sejarah berdasarkan sifatnya ditentukan oleh sudut pandang pembuat sumber sejarah. Berdasarkan cerita pada soal, dapat disimpulkan kakek buyut Budi adalah pelaku sejarah. Oleh karena itu, intormasi yang diperoleh Budi berdasarkan cerita kakek buyutnya termasuk sumber primer. Sumber tersier berupa buku-buku yang disusun berdasarkan penelitian tidak langsung. Sumber benda merupakan sumber yang berbentuk fisik. Sumber tertulis merupakan tulisan yang tercetak atau tulisan tangan. Adapun sumber sekunder merupakan sumber dari orang yang tidak hadir atau terlibat langsung dalam sebuah peristiwa.

4. Jawaban: E
Sejarah sebagai kisah merupakan hasil rekonstruksi (penggambaran) sejarawan terhadap suatu peristiwa. Kajian sejarah sebagai kisah selalu berkembang dari masa ke masa. Berdasarkan subjeknya, sejarah dibedakan menjadi dua yaitu sejarah lama atau sejarah konvensional (old history) dan sejarah baru (new history).Sejarah politik, sejarah modern, sejarah lokal, sejarah nasional, dan sejarah regional termasuk bagian dari sejarah baru (new history).

Pembahasan Uraian

1. Sebagai sebuah ilmu, sejarah memiliki sifat khas yang membedakannya dengan ilmu sosial lain. Sifat khas ilmu sejarah sebagai berikut.
A. Segala peristiwa dan aktivitas yang terjadi pada masa lalu hingga saat.ini dilukiskan berdasarkan urutan waktu (kronologis).
B. Ada hubungan sebab akibat atau kausalitas dari setiap peristiwa yang telah terjadi.
C. Kebenaran sejarah bersifat subjektif karena perlu penelitian lanjutan untuk mencari kebenaran hakiki.

2. Sumber lisan terdiri atas duajenis, yaitu sumber lisan primer dan sumber lisan sekunder. Sumber lisan primer merupakan sumber lisan yang disampaikan oleh informan yang berperan sebagai pelaku atau aksi dalam sebuah peristiwa. Sementara itu, dalam sumber lisan sekunder, informan mendapat informasi dari orang tua atau orang-orang yang terlibat langsung dalam sebuah peristiwa.
Baca Materi : Pengertian Sejarah, Ruang Lingkup Sejarah, dan Sumber Sejarah
Itu saja yang dapat saya berikan mengenai contoh soal ruang lingkup sejarah dan pembahasan pada materi sejarah kelas 10. Semoga soal soal ini dapat bermanfaat untuk temen temen yang sedang belajar. Semoga Belajarnya Sukses
Contoh Soal Ruang Lingkup Sejarah dan Pembahasan (Sejarah Kelas 10)
4/ 5
Oleh


EmoticonEmoticon