Saturday, July 20, 2019

Latihan Soal Dampak Koloniaslisme Belanda di Indonesia dan Jawaban

Latihan Soal Dampak Koloniaslisme Belanda di Indonesia dan Jawaban

Latihan Soal Dampak Koloniaslisme Belanda di Indonesia dan Jawaban
Saturday, July 20, 2019
Latihan Soal Sejarah Bab Dampak Koloniaslisme dan Imperalisme  - Di kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit Soal pilihan ganda dan soal uraian mengenai Dampak Koloniaslisme dan Imperalisme, soal yang kami berikan terdapat pula jawaban dan pembahasan, untuk dapat kalian gunakan sebagai sarana belajar.

Dalam contoh soal sejarah kelas 10 ini juga terdapat pembahasan mengenai soal. Dengan adanya contoh soal Sejarah Kelas 10 Strategi Pergerakan Nasional sekaligus pembahasan soal, dapat lebih dalam mengerti dengan materi sejarah kelas 10 Bab Strategi Pergerakan Nasional.

Latihan Soal Sejarah Bab Dampak Koloniaslisme dan Imperalisme

Latihan Soal Dampak Koloniaslisme Belanda di Indonesia
Dampak Koloniaslisme dan Imperalisme

Berikut soal sejarah Strategi Pergerakan Nasional beserta pembahasannya, Soal dan pembahasan akan kami pisah, agar kalian dapat menebak jawaban, sekalian kalian gunakan untuk mengetest berapa dalam materi yang telah kalian pelajari. Semoga Berhasil jika tidak tahu dengan jawabannya bisa kalian ke paling bawah untuk menengok jawaban dan pembahasan tentang soal Strategi Pergerakan Nasional ini.

Baca Materi : Dampak Kolonialisme Barat dan Pergerakan Nasional di Indonesia

Soal Pilihan Ganda

1. Perkebunan di Indonesia berkembang pesat selama pelaksanaan Politik Pintu Terbuka. Kondisi tersebut terjadi karena
A. pemerintah- kolonial Belanda ingin memajukan perkebunan daerah koloni
B. terbuka kesempatan bagi investor untuk menanamkan modal
C. sektor perekonomian dikendalikan oleh pemerintah kolonial
D. pemerintah kolonial tidak mencampuri kegiatan ekonomi
E. perkebunan merupakan sektor ekonomi yang menjanjikan

2. Politik Etis merupakan salah satu kebijakan pemerintah kolonial Belanda di Indonesia. Kebijakan Politik Etis memberikan dampak positif bagi perkembangan pergerakan nasional karena...
A. memunculkan golongan elite terpelajar
B. membuka kebobrokan pemerintah kolonial
C. menciptakan peluang pekerjaan bagi kaum terdidik
D. membuka kesempatan bagi persebaran ideologi radikal
E. membantu organisasi pergerakan nasional dalam memberantas buta huruf

3. Periode kolonialisme Barat di Indonesia membawa pengaruh dalam hal gaya hidup masyarakat Indonesia. Kondisi tersebut terjadi karena... .
A. budaya lokal dianggap tidak sesuai dengan perkembangan zaman
B. gaya hidup masyarakat lokal memerlukan biaya mahal
C. budaya Barat dianggap sebagai budaya paling modern
D. gaya hidup orang Baratlebih sederhanadan berkelas
E. budaya Eropa mudah diterima masyarakat Indonesia

4. Guna meningkatkan hasil tanam paksa, pemerintah kolonial menerapkan kebijakan cultuur procenten. Penerapan kebijakan cultuur-procenten menunjukkan bahwa
A. pemerintah kolonial peduli dengan kesejahteraan rakyat
B. pemerintah kolonial ingin meningkatkan taraf kehidupan ekonomi rakyat
C. pemerintah kolonial memiliki ketergantungan terhadap para pemimpin lokal
D. pemerintah kolonial membayar hasil perkebunan dalam bentuk uang
E. pemerintah kolonial membebaskan pajak persewaan tanah bagi penguasa lokal

Baca Materi : Dampak Kolonialisme Barat dan Pergerakan Nasional di Indonesia

Soal Uraian

1. Pada masa liberal kehidupan rakyat Indonesia masih jauh dari kemakmuran. Analisislah dampak kebijakan pemerintah kolonial pada masa liberal terhadap kehidupan rakyat Indonesia!

Kolonialisme Belanda di Indonesia menimbulkan dampak negatif dan positif. Uraikan dampak positif kolonialisme Belanda di Indonesia dalam bidang kebudayaan!

Pembahasan Soal Sejarah Dampak Koloniaslisme dan Imperalisme

Dengan adanya pembahasan semoga dapat memperdalam materi kalian mengenai Dampak Koloniaslisme Belanda di Indonesia.

Pembahasan Pilihan Ganda

1. Jawaban: B
Pelaksanaan Politik Pintu Terbuka dimulai dengan pemberlakuan Undang-Undang Agraria pada tahun 1870. Sistem tersebut membuka kesempatan bagi investor asing untuk menanamkan modalnya pada perkebunan-perkebunan di lndonesia. Oleh karena itu, pada masa ini muncul perkebunan-perkebunan swasta di beberapa daerah di Indonesia.Pilihan A tidak tepat karena Belandabertujuan mencari keuntungan dari daerah koloni. Pilihan C tidak tepat karena sektor perekonomian dikendalikan oleh pihak swasta. Pilihan D tidak tepat karena pemerintah kolonial turut menggerakkan kegiatan perekonomian dengan cara membangun infrastruktur. Pilihan E tidak tepat karena selain sektor perkebunan, sektor pertambangan mulai dikembangkanpemerintah kolonial Belanda.

2. Jawaban: A
Pelaksanaan Politik Etis khususnya dalam bidang pendidikan memberikan dampak positif bagi bangsa Indonesia. Dampak positif tersebut antara lain lahirnya golongan elite terpelajar, dibukanya sekolah-sekolah pemerintahan,  berkembangnya rasa kesadaran kebangsaan, dan munculnya organisasi pergerakan nasional. Kemunculan golongan elite terpelajar mendorong pembentukan organisasi pergerakan nasional. Jadi, pilihan jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pilihan A. Pilihan B dan D tidak tepat karena persebaran ideologi radikal dan sikap kritis terhadap pemerintah kolonial merupakan inisiatif dari kaum pergerakan. Sementara itu, pilihan C tidak tepat karena berhubungan dengan pertumbuhan ekonomi. Adapun pilihan E tidak tepat karena kebijakan Politik Etis bukan merupakan respons atas tuntutan organisasi pergerakan nasional.

3. Jawaban: C
Pada masa kolonial gaya hidup bangsa Barat, khususnya dalam gaya berpakaian menjadi semacam trend-setter bagi golongan lainnya. Hal tersebut disebabkan budaya Barat dianggap sebagai budaya paling modern. Gaya berbusana bangsa Barat identik dengan pakaian mewah dan berkelas seperti jas, blouse, dan gaun-gaun mewah. Budaya tersebut kemudian diikuti oleh masyarakat Indonesia khususnya dari kalangan bangsawan pribumi. Jadi, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pilihan C. Adapun pilihan A tidak tepat karena tidak semua budaya lokal dianggap kuno. Pilihan B dan D tidak tepat Karena budaya lokal justru lebih sederhana dan tidak memerlukan biaya mahal. Pilihan E tidak tepat karena pada masa itu budaya Barat hanya diadopsi oleh kalangan bangsawan pribumi.

4. Jawaban: C
Melalui kebijakan tanam paksa pemerintah Belanda mewajibkan rakyat untuk menanam tanaman yang memiliki nilai jual tinggi di pasar Eropa. Dalam pelaksanaannya, pemerintah kolonial dibantu oleh para penguasa pribumi Pemerintah memberikan culturprocenten bagi penguasa pribumi yang mampu menyetorkan hasil paling banyak. Culturprocentenmerupakan hadiah dari pemerintah kolonial Belanda dari hasil perkebunan yang disetorkan. Fakta ini menunjukkan bahwa pemerintah kolonial dalam menjalankan program Tanam Paksa sangat tergantung dengan penguasa lokal.

Baca Materi : Dampak Kolonialisme Barat dan Pergerakan Nasional di Indonesia

Pembahasan Uraian

1. Masa liberal ditandai dengan terbukanya kesempatan bagi para pengusaha swasta untuk menanamkan modalnya di wilayah jajahan Hindia Belanda. Para pengusaha swasta dibebaskan untuk menyewa tanah .rakyat dengan pembayaran yang rendah dalam jangka waktu yang sangat lama. Uang hasil sewa tanah tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, banyak rakyat harus kehilangan tanah garapannya. Mereka kemudian menjadi buruh pabrik di perusahaan-perusahaan milik pemerintah kolonial dan Swasta. Sebagai imbalannya mereka mendapat upah dari bekerja sebagai buruh, tetapi upah yang diperoleh tidak sebanding dengan kebutuhan hidup mereka.

2. Budaya Barat yang memengaruhi kebudayaan masyarakat Indonesia terlihat dalam cara berpakaian, bahasa, dan kepercayaan. Dalam hal berpakaian, masyarakat Indonesia menjadi terbiasa dengan mengenakan setelan Eropa berupa jas, celana, dan topi. Dalam bidang bahasa, banyak kosakata dalam bahasa Belanda yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa kosakata dalam bahasa Belanda yang sama dengan bahasa Indonesia antara lain advokat, album, alinea, dan alpukat.

Itu saja yang dapat saya berikan mengenai Contoh Soal Sejarah Kelas Dampak Koloniaslisme dan Imperalisme dan pembahasan pada materi sejarah kelas 11. Semoga dengan soal soal ini dapat bermanfaat untuk temen temen yang sedang belajar. Semoga Belajarnya Sukses Semua. Terimakasih
Latihan Soal Dampak Koloniaslisme Belanda di Indonesia dan Jawaban
4/ 5
Oleh


EmoticonEmoticon