Sunday, July 21, 2019

Latihan Soal Sejarah Bab Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan Jawaban

Latihan Soal Sejarah Bab Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan Jawaban

Latihan Soal Sejarah Bab Proklamasi Kemerdekaan Indonesia - Di kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit Soal pilihan ganda dan soal uraian mengenai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, soal yang kami berikan terdapat pula jawaban dan pembahasan, untuk dapat kalian gunakan sebagai sarana belajar.

Dalam contoh soal sejarah kelas 10 ini juga terdapat pembahasan mengenai soal. Dengan adanya contoh soal Sejarah Kelas 10 Strategi Pergerakan Nasional sekaligus pembahasan soal, dapat lebih dalam mengerti dengan materi sejarah kelas 10 Bab Strategi Pergerakan Nasional.

Latihan Soal Sejarah Bab Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Latihan Soal Sejarah Bab Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Berikut soal sejarah Strategi Pergerakan Nasional beserta pembahasannya, Soal dan pembahasan akan kami pisah, agar kalian dapat menebak jawaban, sekalian kalian gunakan untuk mengetest berapa dalam materi yang telah kalian pelajari. Semoga Berhasil jika tidak tahu dengan jawabannya bisa kalian ke paling bawah untuk menengok jawaban dan pembahasan tentang soal Strategi Pergerakan Nasional ini.

Baca Materi : Sejarah Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Soal Pilihan Ganda

1. Pada tanggal 7 September 1944 Perdana Menteri Koiso menjanjikan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia pada kemudian hari. Kondisi yang melatarbelakangi pemberian janji kemerdekaan tersebut adalah
A. Amerika Serikat berhasil menduduki Kepulauan Marshall, Saipan, dan Filipina
B. Amerika Serikat berhasil menghancurkan beberapa wilayah Jepang
C. Jepang kalah dari Rusia dalam mempertahankan Manchuria
D. banyak wilayah jajahan Jepang yang melepaskan diri
E. Jepang tidak lagi mendapat dukungan dari Jerman

2. BPUPKI dibubarkan pada tanggal 7 Agustus 1945. Latar belakang pembubaran BPUPKI tersebut adalah...
A. BPUPKI tidak mampu mempersiapkan kemerdekaan Indonesia tepat waktu
B. BPUPKI menolak Jepang terlibat dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
C BPUPKI dianggap terlalu cepat dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
D. Jepang akan segera memberikan kemerdekaan kepada Indonesia
E. Jepang telah membentuk PPKI untuk menggantikan BPUPKI.

3. Ahmad Soebardjo merupakan tokoh yang mengusulkan agar penyusunan naskah proklamasi dilakukan di kediaman Laksamana Maeda. Dasar usulan yang diajukan Ahmad Soebardjo tersebut adalah ...
A. Laksamana Maeda mendapat mandat mengawal proses proklamasi kemerdekaan
B. Laksamana Maeda menjamin keselamatan semua orang yang ada di kediamannya
C. golongan tua ingin proklamasi dilaksanakan atas izin Jepang
D. Jepang ingin mengawasi jalannya pe- nyusunan teks proklamasi
E. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan hadiah dari Jepang

4. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diraih melalui perjuangan panjang. Makna proklamasi kemerdekaan bagi kehidupan bangsa Indonesia adalah
A. bangsa Indonesia tidak perlu berperang melawan penjajah
B. tonggak perjuangan baru untuk menata kehidupan bangsa
C. bangsa Indonesia menjadi bangsa yang sejahtera
D. Indonesia bebas mengatur negaranya sendiri
E. akhir dari segala perjuangan fisik bangsa Indonesia

5. Dalam sidang ketiga PPKI pada tanggal Agustus 1945 PPKI membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP). Pembentukan lembaga ini memiliki arti bahwa
A. adanya lembaga perwakilan yang menampung aspirasi dari berbagai etnik, suku agama, dan golongan
B. presiden dan wakil presiden memiliki batas wewenang dalam menjalankan pemerintahan
C. adanya lembaga yang membantu presiden menjalankan fungsi pemerintahan
D. Republik Indonesia telah memiliki parlemen dan lembaga perwakilan rakyat
E. Republik Indonesia telah menjalankan prinsip trias politica

Baca Materi : Sejarah Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Soal Uraian

1. Pada awalnya proklamasi kemerdekaan akan dilaksanakan di lapangan Ikada, tetapi rencana ini batal dilaksanakan. Jelaskan cara para pemimpin bangsa melaksanakan proklamasi kemerdekaan setelah rencana awalnya batal dilaksanakan!

2. Bagaimana proses pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)? Tuliskan pendapat Anda!

Pembahasan Soal Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Dengan adanya pembahasan semoga dapat memperdalam materi kalian mengenai Strategi Pergerakan Nasional.

Pembahasan Pilihan Ganda

1. Jawaban: A
Sejak tahun 1943 posisi Jepang dalam Perang Pasifik semakin terdesak. Pada tahun 1944 banyak wilayah Jepang seperti Kepulauan Marshall, Kepulauan Saipan, dan Filipina jatuh ke tangan Amerika Serikat. Oleh karena itu, Jepang berupaya menarik simpati rakyat Indonesia dengan cara memberikan janji. kemerdekaan bagi Indonesia. Dengan janji tersebut, Jepang berharap rakyat Indonesia akan mendukung Jepang untuk memenangi Perang Pasifik. Jadi, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pilihan A. Pilihan B tidak tepat karena Amerika Serikat menghancurkan wilayah Jepang menggunakan bom atom pada tahun 1945. Pilihan C tidak tepat karena tidak berkaitan dengan Perang Pasifik. Pilihan D tidak tepat karena setelah mengalami kekalahan dalam Perang Pasifik wilayah jajahan Jepang diambil alih oleh Sekutu. Sementara itu, pilihan E tidak tepat karena Jerman hanya terlibat perang di front Eropa dan Afrika Utara.

2. Jawaban: C
Kinerja BPUPKI tidak sesuai dengan perkiraan Jepang karena dalam dua kali pelaksanaan sidang, BPUPKI telah berhasil merumuskan dasar negara, konstitusi, dan bentuk negara. Kondisi tersebut membuat Jepang berangggapan bahwa BPUPKI terlalu cepat dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, Jepang membubarkan BPUPKI pada tanggal 7 Agustus 1945. Jadi, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pilihan C. Adapun pilihan A tidak tepat karena BPUPKI dibubarkan sebelum pelaksanaan proklamasi kemerdekaan. Pilihan B tidak tepat karena penolakan campur tangan Jepang dipelopori oleh golongan muda. Pilihan D tidak tepat karena dalam perkembangannya Jepang justru menolak memberi kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Pilihan E tidak tepat karena merupakan dampak pembubaran BPUPKI.

3. Jawaban: B
Sebelum menjemput Soekarno dan Moh, Hatta di Rengasdengklok, Ahmad Soebardjo bertemu Laksamana Maeda untuk membicarakan rencana Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Laksamana Maeda mendukung rencana tersebut dan meminjamkan kediamannya untuk melakukan persiapan proklamasi kemerdekaan. Oleh karena itu, Ahmad Soebardjo memutuskan menggunakan kediaman Laksamana Maeda sebagai tempat merumuskan naskah proklamasi. Selama proses perumusan naskah proklamasi, Laksamana Maeda menjamin keselamatan setiap orang yang ada dikediamannya. Pilihan A tidak tepat karena tidak ada pihak Jepang yang bertugas mengawal proses proklamasi. Pilihan C tepat tetapi tidak mendasari alasan Ahmad Soebardjo. Adapun pilihan D dan E tidak tepat karena Jepang justru menolak memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.

4. Jawaban: B
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan pintu gerbang negara Indonesia yang merdeka. Proklamasi bukan akhir dari perjuangan bangsa Indonesia, melain kan menandai babak baru dalam sejarah Indonesia. Proklamasi menjadi awal perjuangan bangsa Indonesia, yaitu berjuang untuk menata kehidupan bangsa Indonesia agar mampu meraih cita-cita kemerdekaan. Jadi, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pilihan B. Pilihan A dan E tidak tepat karena Indonesia masih harus berjuang mempertahankan kemerdekaan. Pilihan C tidak tepat karena kesejahteraan belum tentu bisa diraih melalui kemerdekaan. Adapun pilihan D tidak tepat karena merupakan dampak dari proklamasi kemerdekaan.

5. Jawaban: D
Pada awal kemerdekaan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) dibentuk sebagai pengganti Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fungsi KNIP sama dengan DPR, yaitu sebagai lembaga parlemen dan lembaga perwakilan rakyat. KNIP dibentuk di tingkat pusat, sedangkan di tingkat daerah fungsi KNIP dijalankan oleh Komite Nasional Indonesia Daerah (KNID). Jadi, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pilihan D. Pilihan A, B, C, dan E tidak tepat karena tidak menunjukkan makna pembentukan KNIP.

Baca Materi : Sejarah Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Pembahasan Uraian

1. Rencana pelaksanaan proklamasi di lapangan Ikada batal dilaksanakan karena lapangan Ikada telah dijaga ketat oleh pasukan Jepang. Setelah melalui musyawarah, akhirnya para pemimpin bangsa menyepakati pelaksanaan proklamasi kemerdekaan dipindahkan ke kediaman Soekamo,di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta. Sudiro kemudian menyebarkan informasi ini secara rahasia kepada pemuda di lapangan Ikada. Untuk menjaga keamanan, Latief Hendraningrat menyiapkan satu peleton pasukan PETA di kediaman Soekamo.

2. Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) dibentuk dalam sidang ketiga PPKI pada tanggal 22 Agustus 1945. Pada awalnya anggota KNIP. berjumlah enam puluh orang, kemudian anggotanya ditambah menjadi 150 orang. KNIP diketuai oleh Kasman Singodimedjo dan Suwirjo sebagai sekretarisnya. Anggota KNIP resmi dilantik pada tanggal 29 Agustus 1945 di Gedung Kesenian, Jakarta.

Itu saja yang dapat saya berikan mengenai Contoh Soal Sejarah Kelas Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan pembahasan pada materi sejarah kelas 11. Semoga soal soal ini dapat bermanfaat untuk temen temen yang sedang belajar. Semoga Belajarnya Sukses Semua. Terimakasih
Latihan Soal Sejarah Bab Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan Jawaban
4/ 5
Oleh


EmoticonEmoticon