Tuesday, July 16, 2019

Latihan Soal Sejarah Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Menghadapi Penjajah Abad XX dan Jawaban

Latihan Soal Sejarah Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Menghadapi Penjajah Abad XX dan Jawaban

Latihan Soal Sejarah Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Menghadapi Penjajah Abad XX - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada kalian sedikit latihan soal sejarah Bab Masa Pendudukan Belanda dan Jepang di Indonesia. Sebelum mengerjakan soal yang kami berikan akan lebih baik kalian baca terlebih dahulu materi mengenai Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Menghadapi Penjajah Abad XX karena soal soal ini berkaitan dengan materi materi tersebut.

Dalam latihan soal kali ini saya juga menberikan jawaban serta pembahasan, agar para pembaca dapat memahami soal serta mengerti alasan ataupun jawaban yang tepat dari sebuah persoalan. Dengan adanya latihan soal sejarah Islam di Indonesia beserta dengan jawaban para pembaca dapat memahami materi yang telah diajarkan di sekolah secara maskimal.

Soal Sejarah Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Menghadapi Penjajah Pada Abad XX

Latihan Soal Sejarah Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Menghadapi Penjajah Abad XX dan Jawaban
Latihan Soal Sejarah Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Menghadapi Penjajah Abad XX dan Jawaban

Oke langsung saja kita menuju soalnya. Terdapat 6 soal pilihan ganda dan 2 uraian, beserta jawaban dan pembahasan yang kami taruh di bagian paling bawah. Selamat mengerjakan !! jangan lupa happy.

Baca Juga : Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Menghadapi Penjajah Abad XX

Pilihan Ganda

1. Latar belakang VOC memihak Sultan Haji pada saat terjadi konflik internal di Kerajaan Banten adalah
A. VOC menginginkan hak monopali perdagang- an di Banten
B. Sultan Haji menyerahkan pengawasan Selat Sunda kepada VOC
C. Sultan Haji berjanji memberikan wilayah Lampung kepada VOC
D. VOC ingin menjadikan Banten sebagai pelabuhan pengganti Batavia
E. VOC ingin antarketurunan Syarif Hidayatullah di Banten segera berakhir

2. Perhatikan pernyataan berikut!
1) VOC mengajak Sultan Agung berunding.
2. VOC memiliki perlengkapan senjata lebih baik.
3) Pasukan Mataram kehabisan sumber makanan.
4) Sultan Agung menerima bujukan Belanda agar menghentikan peperangan.
5) Pasukan Mataram kelelahan.
Fakta penyebab kekalahan Sultan Agung dalam serangannya kedua ke Batavia ditunjukkan oleh, angka
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 2), 4), dan 5)

3. Perlawanan Pangeran Diponegoro untuk menghadapi Belanda dalam Perang Jawa dilakukan menggunakan taktik
A. supit urang
B. bumi hangus
C. perang gerilya
D. benteng stelsel
E. continental stelsel

4. Snouck Hurgronje memiliki peran penting bagi Belanda dalam mengakhiri perlawanan rakyat Aceh. Strategi Snouck Hurgronje untuk meredam perlawanan rakyat Aceh adalah....
A. memimpin pasukan Belanda menyerang wilayah Aceh
B. mendirikan pemerintahan sipil selama Perang Aceh berlangsung
C. menjadi guru agama Islam yang mengajar di sekolah rakyat Aceh
D. menjadi duta Belanda untuk menghentikan perlawanan rakyat Aceh
E. menyarankan taktik pecah belah antara kalangan ulama dan uleebalang

5. Keberadaan bangsa-bangsa Barat di Indanesia sering memicu terjadinya perlawanan. Meskipun demikian, perlawanan rakyat Indonesia sebelum abad XX mudah dipatahkan oleh bangsa Barat karena...
A. strategi perlawanan tidak tersusun dengan baik
B. banyak pasukan yang melakukan pengkhianatan
C. perlawanan rakyat tidak dipimpin tokoh yang berwibawa
D. pada masa itu perlawanan sangat bergantung pada pemimpin
E. rakyat Indonesia belum mampu menggunakan senjata modern

Baca Juga : Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Menghadapi Penjajah Abad XX

Soal Uraian

1. Sultan Hasanuddin merupakan seorang raja yang gigih memimpin perlawanan terhadap VOC Bagaimana strategi VOC dalam meredam perlawanan Sultan Hasanuddin?

2. Aceh di bawah pimpinan Sultan Iskandar Muda berusaha mengusir Portugis dari Malaka. Deskripsikan langkah-langkah Aceh untuk menghadapi Portugis!

Pembahasan Soal Sejarah Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Menghadapi Penjajah Abad XX

Nah berikut merupakan jawaban beserta pembahasan soal soal diatas. Jika sebelumnya kalian belum mencoba soal diatas, saya sarankan mencoba terlebih dahulu. Ukur daya tangkap materi kalian sebelum kalian melihat pembahasannya. Selamat mecocokkan!!

Pembahasan Soal Pilihan Ganda

1. Jawaban: A
Pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa, Kerajaan Banten mencapai puncak kejayaan. Akan tetapi, setelah adanya perselisihan antara Sultan Ageng Tirtayasa dan putranya yang bernama Sultan Haji, kondisi Banten semakin kacau. Perselisihan semakin meruncing saat VOC mulai ikut campur. Dalam konflik internal tersebut VOC memihak Sultan Haji karena menginginkan hak monopoli perdagangan di Banten.

Pilihan B, C, D, dan E tidak tepat karena tidak terkait dengan keterlibatan VOC dalam konflik internal Kerajaan Banten.

2. Jawaban: D
Pada serangan kedua, tepatnya pada tahun 1629 pasukan Mataram kembali mengalami kekalahan karena lumbung-lumbung padi milik Mataram di Tegal dibakar VOC. Akibatnya, pasukan Mataram mengalami kelaparan dan kelelahan. Dengan persenjataan lebih lengkap dan canggih, pasukan VOC berhasil mengalahkan pasukan Mataram.

Jadi, fakta yang berkaitan dengan penyebab kekalahan pasukan Mataram ditunjukkan oleh angka 2), 3), dan 5) Adapun fakta yang menyebutkan Sultan Agung terlibat dalam perundingan dengan Belanda tidak tepat karena Sultan Agung tidak pernah berunding dengan Belanda.

3. Jawaban: C
Perang Diponegoro atau Perang Jawa yang meletus pada tahun 1825 merupakan reaksi atas tindakan Belanda yang telah merendahkan martabat Pangeran Diponegoro.

Perlawanan yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dan pantai utara Jawa ini menyulitkan Belanda karena Pangeran Diponegoro menggunakan strategi perang gerilya. Strategi ini dipraktikkan dengan melakukan penyerangan terhadap pasukan Belanda secara diam-diam.

4. Jawaban: E
Untuk meredam perlawanan rakyat Aceh, permerintah kolonial Belanda mengirim seorang pakar agama Islam bernama Snouck Hurgronje. Selama di Aceh, Snouck Hurgronje menyelidiki kondisi sosial budaya masyarakat Aceh.

Dari hasil penyelidikannya itu, Snouck Hurgronje menyarankan agar Belanda berusaha memecah belah kalangan ulama dan uleebalang (bangsawan). Pilihan A, B, C, dan D tidak tepat karena tidak terkait dengan peran Snouck Hurgronje selama tinggal di Aceh.

5. Jawaban: D
Strategi perlawanan rakyat Indonesia sebelum dan setelah abad XX sangat berbeda. Sebelum abad XX perlawanan rakyat Indonesia terhadap bangsa Barat sangat bergantung pada pemimpin. Jika pemimpinnya ditangkap, perlawanan rakyat akan berakhir. Kondisi inilah yang menyebabkan perlawanan rakyat Indonesia sebelum abad X mudah dipatahkan bangsa Barat.

Pilihan A, B, C, dan E tidak tepat karena tidak terkait dengan strategi perlawanan rakyat Indonesia sebelum abad XX.


Baca Juga : Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Menghadapi Penjajah Abad XX 

Pembahasan Soal Uraian

1. Tujuan VOC menyerang Makassar adalah memonopoli perdagangan. VOC melihat potensi Makassar sebagai pusat perdagangan yang penting di wilayah Indonesia bagian timur. VOC beberapa kali melancarkan serangan terhadap Kerajaan Gowa-Tallo yang berkuasa atas wilayah Makassar.

Serangan beruntun yang dilakukan VOC pada tahun 1634, 1654, dan 1666 tidak membuahkan hasil. Perlawanan rakyat Makassar di bawah pimpinan Sultan Hasanuddin tidak mudah dipatahkan. Untuk meredam perlawanan tersebut VOC memanfaatkan hubungan kurang baik antara penguasa Bone dan penguasa Makassar.

Pada saat Makassar menghadapi serangan VOC, Bone di bawah pimpinan Aru Palaka ingin melepaskan diri dari Makassar dan menjadi kerajaan sendiri yang merdeka. VOC mengajak Aru Palaka untuk melawan Sultan Hasanuddin dengan imbalan akan memberi kemerdekaan kepada Bone.

2. Upaya mengusir Portugis dari Malaka sudah dilakukan Aceh sejak masa pemerintahan Sultan Salahudin Riayat Syah al-Kahar. Berkali-kali Sultan Salahudin memimpin pasukannya menyerang kapal-kapal Portugis di Selat Malaka.

Selanjutnya, perlawanan terhadap Portugis dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda. Pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, Sultan Iskandar Muda mengatur strategi dan persiapan dengan melengkapi kapal-kapal serta prajurit yang tangguh.

Selain itu, sultan juga meminta bantuan Turki dan memperkuat pertahanan Aceh dengan menempatkan prajurit tangguh di tiap-tiap pelabuhan transito.

Itu saja yang dapat saya berikan mengenai latihan soal sejarah BAB Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Menghadapi Penjajah Abad XX  beserta jawabannya. Semoga dengan adanya latihan soal ini kalian dapat memahami materi seputar peridoe Islam di Indonesia lebih maksimal. Semoga Bermanfaat dan sukses selalu.
Latihan Soal Sejarah Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Menghadapi Penjajah Abad XX dan Jawaban
4/ 5
Oleh


EmoticonEmoticon