Tuesday, August 6, 2019

Latihan Soal Sejarah Bab Masyarakat Indonesia Sejak Orde Baru - Reformasi

Latihan Soal Sejarah Bab Masyarakat Indonesia Sejak Orde Baru - Reformasi

Latihan Soal Sejarah Bab Masyarakat Indonesia Sejak Orde Baru - Reformasi - Di kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit Soal pilihan ganda dan soal uraian mengenai Masyarakat Indonesia Sejak Orde Baru - Reformasi, soal yang kami berikan terdapat pula jawaban dan pembahasan, untuk dapat kalian gunakan sebagai sarana belajar.

Dalam contoh soal sejarah kelas 10 ini juga terdapat pembahasan mengenai soal. Dengan adanya contoh soal Sejarah Kelas 10 Strategi Pergerakan Nasional sekaligus pembahasan soal, dapat lebih dalam mengerti dengan materi sejarah kelas 10 Bab Strategi Pergerakan Nasional.

Latihan Soal Sejarah Bab Masyarakat Indonesia Sejak Orde Baru - Reformasi

Masyarakat Indonesia Sejak Orde Baru - Reformasi

Berikut soal sejarah Strategi Pergerakan Nasional beserta pembahasannya, Soal dan pembahasan akan kami pisah, agar kalian dapat menebak jawaban, sekalian kalian gunakan untuk mengetest berapa dalam materi yang telah kalian pelajari. Semoga Berhasil jika tidak tahu dengan jawabannya bisa kalian ke paling bawah untuk menengok jawaban dan pembahasan tentang soal Strategi Pergerakan Nasional ini.

Baca Materi : Sejarah Indonesia pada Masa Orde Baru Lengkap

Soal Pilihan Ganda

1. Masa transisi 1966-1967 diwarnai dernonstrasi mahasiswa. Maraknya gerakan mahasiswa pada masa rtu menunjukkan ...
A. keinginan mahasiswa mengadakan reformasi birokrasi
B. pelaksanaan prinsip demokrasi dalam pemerintahan
C. dominasi mahasiswa dalam penentuan kebijakan
D. kepedulian mdhasiswa terhadap nasib bangsa
E. keterlibatan mahasiswa clalarn pemerintahan

2. Pembangunan pendidikan merupakan prioritas pembangunan nasional pada masa Crde Baru. Salah satu fokus pembangunan pendidikan yang diprioritaskan pemerintah Orde Baru dalam pelita V adalah....
A. membangun sekolah dasar hingga ke daerah-daerah Pelosok
B. mencanangkan program wajib belajar bagi anak usia 6-12 tahun
C. merintis program wajib belajar untuk sekolah ianjutan tingkat Pertama
D. memberikan dana bantuan kepada anak yang berasal dari keluarga kurang
E. meluncurkan program Kartu Indonesia Pintar bagi keluarga kurang mampu

3. Salah satu kebijakan politik pemerintah Orde Baru adalah penerapan dwifungsiABRl. Bentuk pelaksanaan dwifungsi' ABRI yang ditetapkan pemerintah Orde Baru.adalah . . . .
A. memberikan jatah kursi bagi anggota ABRI di DPR
B. mengizinkan ABRI menjadianggota DPR
C. memasukkan ABRI dalam salah satu fraksi DPR
D. memberi tugas kepada ABRI untuk membantu DPR
E. memberi wewenang kepada ABRI untuk mengawasi DPR

4. Mahasiswa Angkatan ,66 berperan penting dalam membangkitkan gerakan mahasiswi secara nasional. Beberapatokoh yang termasuk Angkatan '66 tersebut ditunjuklian oteh baris
A. Cosmas Batubara, Yusuf Wanandi, Akbar Tanjung
B. Cosmas Batubara, SofyanWanandi, Sultan lskandar
C. AkbarTanjung, Joni Sititonga, EmirSalim
D. Akbar Taniung, IswanKaputra, yusuf Wanandi
E. Sofyan Wanandi, Joni Silitonga, Amir Machmud

5. Pemerintah Orde Baru berusaha menciptakan stabilitas ekonomi dengan cara menjalin kerjasama dengan IMF. Kerja sama ini dilakukan dengantujuan....
A. melancarkan kegiatan perdagangan internasional
B. memperoleh bantuan dana untuk pembangunan nasional
C. memperoleh bantuan finansial untuk melunasi utang negara
D. menjalin kerja sama bkonomi dengan negara anggota IMF
E. mendorong investorasing untuk menanamkan modal di Indonesia.

Baca Materi : Sejarah Indonesia pada Masa Orde Baru Lengkap

Soal Uraian

1. Pemerintah Orde Baru berusaha menciptakan stabilitas nasional sejak awal masa pemerintahannya. Salah satu upaya mewujudkan tujuan tersebut dilakukan dengan melaksanakan Pancasila dan UUD tS4S. Bagaimana pelaksanaan pancasila dan UUD 19i5 pada masa Orde Baru?

2. Salah satu kebijakan pemerintah Orde Baru dalam bidang politik adalAh penyederhanaan partai politik sebelum pelaksanaan pemilihan umum 1 977. Bagaimana hasil penyed'erhanaan partai tersebut?

Pembahasan Soal Sejarah Masyarakat Indonesia Sejak Orde Baru - Reformasi

Dengan adanya pembahasan semoga dapat memperdalam materi kalian mengenai Strategi Pergerakan Nasional.

Pembahasan Pilihan Ganda

1. Jawaban: D
Gerakan mahasiswa pada masa transisi menunjukkan adanya kepedulian mahasiswa terhadap nasib bangsa. Mahasiswa pada masa itu rnampu memotori dan memotivast masyarakat untuk menuntut pemerintah mengadakan perubahan. Gerakan yang dilakukan rakyat pada masa ini bertujuan memulihkan kondisinegara pasca pemberontakan G30S/PKI

2. Jawaban: C
Pemerintah Orde Baru mempunyai beberapa program yang bertujuan memajukan pendidikan. Program tersebut dijalankan secara berkelanjutan dari pelita I hingga pelita V. Pada pelita I pemerintah memprioritaskan pengurangan angka buta huruf. Pada pelita ll pemerintah mendorong pembangunan sekolah-sekolah dasar hingEa ke daerah pelosok. Pemerintah juga mencanangkan program wajib belajar bagi anak usia 6-12 tahun. Pada pelita III pemerintah melanjutkan program pembangunan sekolah dasar yang disebut SD lnpres. Pada pelita IV pemerintah mencanangkan program wajib belajar sembilan iahun hingga sekolah lanjutan tingkat pertama. Dengan demikian, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pilihan C.

3. Jawaban : C
Fondasi politik yang dijalankan pemerintah Orde Baru diperkuat dengan kedekatan pemerintah dengan kelompok ABRI. Kedekatan potitik ini membenarkan pandangan bahwa ABRI harus turut terlibat dalam proses pembangunan nasional. Oleh karena itu, pemerintah memberikan ruang kepada ABRI turut berpartisipasi dalam pembangunan dengan memasuki pos-pos jabatan di luar kemiliteran. Keikutsertaan ABRI di luar bidang militer ini disebut dengan dwifungsi ABR|. Metatui konsep ini, RER| diperkenankan menjadi salah satu anggota fraksidi DpR.

4. Jawaban A
Gerakan mahasiswa Angkatan ,66 menjadiawal kebangkitan gerakan mahasiswa secara nasional. Tokoh_tokoh mahasiswa saat itu antara lain Cosmas Batubara, Sofyan Wanandi, Yusuf Wanandi, dan Akbar Tanjung. Angkatan '66 mengangkat isu komunis sbnigai Olfraya laten negara. Gerakan ini berhasil membangun kepercayaan masyarakat untuk mendukung mahasiswa menentang komunisme.

5. Jawaban: E
Pada awal masa Orde Baru pemerintah Indonesia menjalin kerja sama dengan lMF. Kerja sama initidak lepas dari usaha pemerintah Orde Baru mengembalikan kepercayaan negara - negara asing. Dengan adanya kerja sama ini, para investor asing bersedia menanamkan modal di Indonesia.

Baca Materi : Sejarah Indonesia pada Masa Orde Baru Lengkap

Pembahasan Uraian

1.Ciri utama pemerintahan Orde Baru adalah pelaksanaan pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen. Bahkan, semua ke_ hidupan dan kebijakan pemerintah diilhami dari sila Pancasila. Akan tetapi, pancasita dan UUD 1945 justru dijadikan alat penguat kekuasaan. Oleh karena itu , kehidupan bingsa indonesia pada masa Orde Baru didominasi o!eh pemerintah. Demokrasi yang ada hanya demokrasi semu dan semui pihak yang mengkritik pemerintah ditindak tegas.

2.Pemerintah melakukan penyederhanaan parlai politik dengan menggabungkan beberapa partai yang mempunyai kesimaan ideologi. Penyederhanaan partai tersebut menghasilkan tiga partai baru sebagai berikut.
a. Partai persatuan pembangunan (ppp) merupakan fusi dari partai_partai islam, yaitu NU, parmusi, PSII, dan perti.
b. Partai Demokrasi Indonesia (PDI) merupakan fusi partai-partai yang emngusung ideologi nasionalis dan partai Non-Islam, yaitu PNI, parkindo, partai Katolik, partai Murba, dan IPKI.
c. Golongan Karya (Golkar).

Itu saja yang dapat saya berikan mengenai Contoh Soal Sejarah Bab Masyarakat Indonesia Sejak Orde Baru - Reformasi dan pembahasan pada materi sejarah kelas 11. Semoga soal soal ini dapat bermanfaat untuk temen temen yang sedang belajar. Semoga Belajarnya Sukses Semua. Terimakasih
Latihan Soal Sejarah Bab Masyarakat Indonesia Sejak Orde Baru - Reformasi
4/ 5
Oleh


EmoticonEmoticon