Monday, April 26, 2021

Dalil dan Hadits Tentang Keutamaan Pergi Ke Masjid

Dalil dan Hadits Tentang Keutamaan Pergi Ke Masjid

Dalil dan Hadits Tentang Keutamaan Pergi Ke Masjid
Monday, April 26, 2021

Keutamaan Pergi Ke Masjid - Masjid merupakan salah satu tempat yang sangat dimuliakan oleh umat Islam, tempat dimana orang-orang rukuk dan sujud dihadapkan Yang Maha Kuasa.

Keutamaan Pergi Ke Masjid

Bagi seorang muslim laki-laki, ia sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid terdekat. Dan bahkan keutamaan pergi ke masjid ini Allah ganjar dengan berlipat-lipat pahala.

Hadits Keutamaan Pergi Ke Masjid

Allah tidak membalas satu pahala bagi seseorang pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah, akan tetapi setiap langkahnya Allah ganjar dengan kebaikan. Hal ini sesuai dengan Rasulullah saw yang berbunyi:


عن جابر رضي الله عنه قَالَ: أراد بنو سَلِمَةَ أَن يَنتقِلوا قرب المسجِدِ فبلغ ذلِكَ رسولَ الله صلى الله عليه وسلم، فَقَالَ لهم: ((إنَّهُ قَدْ بَلَغَني أنَّكُمْ تُرِيدُونَ أنْ تَنتَقِلُوا قُربَ المَسجِد؟)) فقالُوا: نَعَمْ، يَا رَسُول اللهِ قَدْ أَرَدْنَا ذلِكَ. فَقَالَ: ((بَنِي سَلِمَةَ، دِيَارَكُمْ تُكْتَبْ آثَارُكُمْ، ديَارَكُمْ تُكْتَبْ آثَارُكُمْ)). رواه مسلم.
وفي روايةٍ: ((إنَّ بِكُلِّ خَطوَةٍ دَرَجَةً)). رواه مسلم.


Dari Jabir r.a, katanya: "Bani Salimah  bermaksud hendak berpindah tempat di dekat masjid. Berita itu sampai kepada Rasulullah s.a.w., kemudian beliau s.a.w. bersabda kepada Bani Salimah itu: "Sesungguhnya saja telah sampai berita kepadaku bahwa engkau semua ingin berpindah ke tempat di dekat masjid?" Mereka menjawab: "Benar, ya Rasulullah, kita berkehendak sedemikian itu." Beliau s.a.w. bersabda lagi: "Wahai Bani Salimah, tetaplah di rumah-rumahmu itu saja, akan dicatatlah langkah-langkahmu itu - pahala melangkahkan kaki dari rumah ke masjid itu pasti dicatat sebanyak yang dijalankan. Jadi tidak perlu berpindah ke dekat masjid. Tetaplah di rumah-rumahmu itu saja, akan dicatatlah langkah-langkahmu itu." (Riwayat Muslim)

Keutamaan Pergi Ke Masjid dalam riwayat lain disebutkan:

"Sesungguhnya dengan setiap langkah itu ada darjatnya sendiri."

Hikmah yang dapat kita ambil dari hadits tersebut adalah ...

1- Hadits ini memberi petunjuk bahwa, seorang yang berjalan ke masjid disana ada kebaikan- kebaikan yang ditulis untuknya.
2- Dengan langkah-langkah itu menjadi saksi untuknya besuk.
3- Disunahkan berjalan kaki menuju kemasjid.

Korelasi Hadits Dengan Ayat Al-Qur'an Mengenai Keutamaan Pergi Ke Masji

- Semua amal perbuatan yang telah mereka kerjakan, juga bekas-bekas nya besuk menjadi saksi untuknya


إِنَّا نَحْنُ نُحْيِي الْمَوْتَىٰ وَنَكْتُبُ مَا قَدَّمُوا وَآثَارَهُمْ ۚ وَكُلَّ شَيْءٍ أَحْصَيْنَاهُ فِي إِمَامٍ مُبِينٍ

"Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang yang mati, dan Kami tuliskan segala yang mereka telah kerjakan serta segala kesan perkataan dan perbuatan yang mereka tinggalkan. Dan (ingatlah) tiap-tiap sesuatu kami catitkan satu persatu dalam Kitab (ibu Suratan) yang jelas nyata."
[Surat Ya-Sin 12].

Dalil dan Hadits Tentang Keutamaan Pergi Ke Masjid
4/ 5
Oleh


EmoticonEmoticon