Thursday, July 11, 2019

Latihan Soal Sejarah Periode Islam di Indonesia dan Jawaban

Latihan Soal Sejarah Periode Islam di Indonesia dan Jawaban

Latihan Soal Sejarah Periode Islam di Indonesia - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada kalian sedikit latihan soal sejarah Bab Periode Islam di Indonesia. Sebelum mengerjakan soal yang kami berikan akan lebih baik kalian baca terlebih dahulu materi  Teori masuknya islam di indonesia dan kerajaan kerajaan islam di indonesia karena soal soal ini berkaitan dengan 2 materi tersebut.

Dalam latihan soal kali ini saya juga menberikan jawaban serta pembahasan, agar para pembaca dapat memahami soal serta mengerti alasan ataupun jawaban yang tepat dari sebuah persoalan. Dengan adanya latihan soal sejarah Islam di Indonesia beserta dengan jawaban para pembaca dapat memahami materi yang telah diajarkan di sekolah secara maskimal.

Soal Sejarah Periode Islam di Indonesia

Latihan Soal Sejarah Periode Islam di Indonesia dan Jawaban

Oke langsung saja kita menuju soalnya. Terdapat 6 soal pilihan ganda dan 3 uraian, beserta jawaban dan pembahasan yang kami taruh di bagian paling bawah. Selamat mengerjakan !! jangan lupa happy.

Pilihan Ganda

1. Perhatikan tokoh-tokoh berikut!
1) Hoesein Djajadiningrat
2) Oemar Amir Husein
3) Haji Abdul Malik Karim Amrullah
4) Sumanto Al-Qurtuby
Salah satu teori yang menjelaskan proses kedatangan Islam adalah teori Persia. Teori tersebut didukung tokoh yang ditunjukkan oleh angka..
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 2) dan 3)
D. 2) dan 4)
E. 3) dan 4)

Baca Juga : Terori masuknya islam di indonesia

2. Salah satu process islamisasii di wilayah Indonesia terjadi melalui perkawinan antara bangsawan lokal dan pedagang Islam. Dampak dengan terjadinya kondisi tersebut adalah..
A. Kampoeng Keling menjadi tempat pemukiman pendagang Islam
B. pengaruh politik Islam semakiin meningkaat dalm politic lokal di Indonesia
C. muncul konsesy dagang yg melibatkan penguasa lokal dan pedagang muslim
D. pedagang Islam mulaii mendapat-kan peran penting dlam politiik lokal di Indonesia
E. banyak keluarga kerajaan yg masuk Islam dan melahirkan generasi-generasi muslim baru

3. Sultan Hasanuddin berupaya menciptakan dasar kemakmuran Kerajaan Banten sebagai pelabuhan lada. Cara yang dilakukan Sultan Hasanuddin untuk mewujudkan upaya tersebut adalah....
A. membabat habis kebun-kebun lada yang bukan milik Kerajaan Banten
B. memperluas wilayah kekuasaan ke daerah penghasil lada di Lampung
C. membebaskan bea cukai pelabuhan bagi para pedagang lada
D. meninggikan harga jual lada khusus wilayah Banten
E. melakukan monopoli perdagangan lada di wilayah Bantern

4. Peristiwa penting di Kerajaan Samudera Pasai pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Malik az-Zahir adalah
A. Sultan Muhammad Malikaz-Zahir menikahi putri Raja Perlak, Ganggang Sari
B. Kerajaan Samudera Pasai mendapat serangan dari Kerajaan Majapahit
C. penganutaliran Syiah dan Suni di Samudera Pasai mengalami pergolakan
D. Kerajaan Samudera Pasai berhasil melepaskan diri dari Majapahit
E. Kerajaan Samudera Pasai sepakat bersatu dengan Kerajaan Perlak

5. Masjid Kudus memiliki ciri arsitektur unik yang membedakan dengan masjid kuno lainnya Keunikan tersebut terlihat pada ..
A. letak masjid di dekat istana raja
B. menara masjid menyerupai candi
C. masjid tidak memiliki menara
D. atap masjid berbentuk tumpang
E. atap masjid berjumlah ganjil

6. Salah satu bukti kedatangan dan perkembangan Islam di Indonesia adalah nisan makam Fatimah binti Maimun bin Hibatullah di Gresik. Penemuan nisan makam tersebut membuktikan...
A. Islam telah masuk di Pulau Jawa sekira abad XI Masehi
B. corak antara nisan di Jawa mirip dengan corak nisan di Persia
C. Islam yang berkembang di Indonesia berasal dari Jazirah Arab
D. Pulau Jawa merupakan pintu masuk proses islamisasi di lndonesia
E. agama lslam yang berkembang di Indonesia dibawa oleh pedagang

Baca Juga :  kerajaan kerajaan islam di indonesia

Soal Uraian

1. Mengapa sepeninggal Sultan Trenggono Kerajaan Demak mengalami kemunduran?

2. Perkawinan merupakan salah satu media perkembangan Islam di Indonesia. Buatlah ulasan mengenai fakta tersebut!

3. Mengapa seni rupa yang berkembang pada masa Islam bersifat nonfigural? Berikan nodpendapat Anda!

Pembahasan Soal Sejarah Masa Hindu-Budha

Nah berikut merupakan jawaban beserta pembahasan soal soal diata. Jika sebelumnya kalian belum mencoba soal diatas, saya sarankan mencoba terlebih dahulu. Ukur daya tangkap materi kalian sebelum kalian melihat pembahasannya. Selamat mecocokkan!!

Jawaban & Pembahasan Soal Pilihan Ganda


1. Jawaban: A
Salah satu dasar teori Persia adalah kesamaan tradisiperayaan asyuro di Persia dengan tradisi tabot di Bengkulu dan tradisi tabuik di Sumatra Barat. Dasar tersebut dikemukakan Hoesein Djajadiningrat dan didukung oleh Oemar Amir Husein.

Jadi, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh angka 1) dan 2). Adapun tokoh pada angka 3) merupakan pendukung teori Mekah, sedangkan tokoh pada angka 4) merupakan pendukung teori Cina.

2. Jawaban: E
Hubungan baik antara pedagang Islam dan golongan bangsawan lokal kadang dilanjutkan dengan perkawinan. Wanita lokal yang dinikahi pedagang Islam biasanya berasal dari golongan bangsawan. Perkawinan ini kemudian melahirkan generasi muslim baru. Dalam perkembangannya, proses ini menyebabkan terbentuknya masyarakat muslim dengan adat lokal.


3. Jawaban: B
Pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin, Kerajaan Banten berhasil memperluas kekuasaan Kerajaan Banten ke daerah penghasil lada di Lampung. Keberhasilan tersebut membawa kemakmuran kerajaan.

Pilihan A tidak tepat karena membabat habis kebun lada milik kerajaan lain merupakan strategi Sultan Iskandar Muda dari Kerajaan Aceh.

Pilihan C tidak tepat karena membebaskan bea cukai bagi para pedagang lada tidak berpengaruh terhadap kemakmuran kerajaan.

Pilihan D tidak tepat karena tidak ada bukti sejarah yang menyatakan Sultan Hasanuddin meninggikan harga lada di Banten.

Pilihan E tidak tepat karena monopoli perdagangan lada dilakukan pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa.


4. Jawaban: E
Sultan Muhammad Malik az-Zahir memerintah Samudera Pasai pada tahun 1297-1326. Pada masa pemerintahannya, ia berhasil menyatukan Kerajaan Samudera Pasai dengan Kerajaan Perlak.

Pilihan A tidak tepat karena yang menikah dengan Putri Ganggang Sari adalah Sultan Malik as-Saleh.

Pilihan B tidak tepat karena serangan Kerajaan Majapahit terhadap Kerajaan Samudera Pasai terjadi pada masa Sultan Malik az-Zahir.

Pilihan C tidak tepat karena pergolakan aliran Syiah dan Suni terjadi sepeninggal Sultan Alaiddin Syed Maulana Abbas Shah.

Pilihan D tidak tepat karena keberhasilan Kerajaan Samudera Pasai melepaskan diri dari Majapahit terjadi pada masa pemerintahan Sultan Zainal Abidin Malik az-Zahir.


5. Jawaban: B
Seni arsitektur masjid Kudus berbeda dengan masjid kuno lainnya. Perbedaan tersebut terletak pada bangunan menaranya yang unik. Menara masjid Kudus berbentuk seperti candi Hindu berlanggam Jawa Timur.

Pilihan A, C, D, dan E tidak tepat karena keempat pilihan tersebut menunjukkan ciri umum yang dimiliki masjid kuno.


6. Jawaban: A
Salah satu bukti akurat mengenai awal mula kedatangan Islam di Pulau Jawa adalah penemuan nisan makam Fatimah binti Maimun bin Hibatullah. Nisan yang berada di Gresik tersebut berangka tahun 475 H atau 1082 Masehi. Dari bukti tersebut dapat disimpulkan Islam masuk di Pulau Jawa sekira abad XI Masehi. Jadi, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pilihan A.

Baca Juga :  kerajaan kerajaan islam di indonesia

Pembahasan Soal Uraian

1. Setelah Sultan Trenggono wafat pada tahun 1546, Kerajaan Demak di landa perang saudara antara  Arya Penangsang (keturunan Pangeran Sekar Sedo Lepen, adik Sultan Trenggono) dan Pangeran Prawoto (putra Sultan Trenggono). Dalam perselisihan tersebut Arya Penangsang berhasil mem-bunuh Pangeran Prawoto. Akan tetapi, Arya Penangsang kemudian berhasil di bunuh oleh Joko Tingkir (Hadiwijaya) dari Pajang. Hadiwijaya pun memindahkan pusat kerajaan dari Demak ke Pajang.

2. Perkawinan merupakan salah satu media penyebaran ajaran Islam di Indonesia. Perkawinan tersebut sangat mungkin terjadi karena para pedagang Islam biasanya menetap di suatu daerah dalam waktu cukup lama untuk menunggu perubahan angin dan musim. Dalam masa menetap tersebut permukiman para pedagang muslim berkembang menjadi perkampungan Islam.

3. Seni rupa pada masa Islam bersifat nontigural dan menggunakan aksara Arab sebagai ragam hias, seperti kaligrafi. Sifat nonfigural ini S1berkaitan dengan hadis nabi yang melarang membuat gambar atau pahatan berbentuk makhluk bernyawa. Oleh karena itu, para seniman menyiasati larangan itu dalam berkarya dengan cara menyamarkan bentuk makhluk bernyawa.

Itu saja yang dapat saya berikan mengenai latihan soal sejarah periode Islam di Indonesia beserta jawabannya. Semoga dengan adanya latihan soal ini kalian dapat memahami materi seputar peridoe Islam di Indonesia lebih maksimal. Semoga Bermanfaat dan sukses selalu.
Latihan Soal Sejarah Periode Islam di Indonesia dan Jawaban
4/ 5
Oleh


EmoticonEmoticon